cara di dapur
Bumbu Masakan

10 TIPS di Dapur Tentang Cabe, Bawang dan Bumbu

Posted on

TIPS di dapur – Banyak pekerjaan di dapur yang berkaitan dengan bumbu dapat kita kerjakan dengan lebih efektif dan efisien. Mulai dari cara menghilangkan panas ditangan akibat cabai, cara mengiris bawang agar tidak pedih, cara membuat bawang goreng seperti bawang beli jadi, dan lainnya.

Tips dan trik ini kami kumpulkan untuk kemudahan Anda beraktifitas di dapur. Berikut tips dan triknya :

1. Cara efektif Menghilangkan Rasa Panas di Tangan Karena Cabe atau Sambal

cara di dapur
Bumbu Masakan

Setelah Anda kelamaan memegang cabai yang banyak saat membuat sambal atau bumbu cabai lainnya, biasanya tangan akan terasa panas. Agar panas di tangan Anda menghilang maka Anda bisa mengikuti cara dibawah ini :

  • Cuci tangan sampai bersih dari cabai memakai sabun 2-3x
  • Keringkan tangan dengan lap
  • Masukkan tangan yang panas ke dalam tumpukan beras, benamkaan daan remas berkali-kali beras.
  • Insya Allah rasa panas hilang dengan sendirinya

Mudah bukan? Begitulah cara menghilangkan panas di tangan akibat cabai dan sambel.

2. Cara Menghilangkan Letupan Saat Menggoreng Cabai Utuh.

Saat membuat sambel goreng, biasanya bumbu bahan sambel seperti cabe besar, cabe rawit, bawang dan tomat di goreng dahulu. Nah saat menggoreng itulah terdengar letupan-letupan yang bisa mencipratkan minyak panas keluar wajan. bagaimana cara agar tidak meletup?

Caranya adalah dengan menusuk-nusuk cabe memakai pisau. Udara yang di dalam cabe akan keluar dengan sempurna tidak menyebabkan letupan.

3. Cara Tepat Agar Saat Mengiris Bawang Merah Mata Anda Tidak Perih

cara tidak pedih iris bawang
Bawang Merah Super

Bagaimana cara agar mata Anda tidak pedih saat memotong dan mengiris bawang? Caranya sangat mudah. Anda tinggal menyiapkan mangkok berisi garam kemudian letakkan disamping talenan tempat Anda mengiris. Garam akan mengikat aroma pedih yang keluar dari bawang. Jadi Insya Alah sensasi perih pada mata Anda akan berkurang banyak.

4. Cara Membuat Bawang Goreng Agar Tetap Renyah dan Gurih Seperti Beli Jadi

Bawang goreng kemaaan yang sudah jadi biasanya renyah, gurih dan harum. cocok dana lezat sekali mendapingi hidngan utama di rumah. Nah, Anda bisa membuat sendiri bawang goreng seperti itu dengan mengikuti cara berikut.

  • Gunakan bawang yang masih segar. Jangan yang sudah layu.
  • Pilihlah bawang merah yang berukuran sedang dan besar. Jangan yang kecil karena akan banyak menciutnya
  • Iris bawang tipis-tipis jangan tebal karena kalau tebal akan mudah layu
  • Setelah diris, bawangnya ditaburi dengan garam secukupnya, biarkan hingga meresap
  • Kemudian taburi dengan maizena tipis saja biarkaan beberapa menit agar melekat
  • Siapkan wajan dengan minyak goreng dan api kecil
  • Setelah minyak agak panas ssegera masukan bawang yg sdh dilaburi maizena tadi.
  • Aduk perlaahan sampaai agak kuning.
  • Sesaat setelah kuning, Segera angkat bawang dan tiriskan
  • Pastikan minyak sudah turun semuanya. Dinginkan, simpan dalam wadah tertutup
  • Bawang goreng spesial siap menemani hidangan utama Anda.

5. Cara Mengupas Bawang Putih Tanpa Pisau

Cara mengupas bawang putih
Bawang Putih

Bawang putih dengan bau khasnya yang menyengat membuat ada sebagian yang malas untuk mengupas kulitnya saat menyiapkan bumbu masakan. Padahal bawang putih termasuk bumbu yang menyedapkan makanan. berikut cara agar Anda bisa mengupas bawang putih tanpa terganggu dengan aromanya karena Anda mengupasnya tidak memakai pisau.

  • Siapkan 2 mangkuk keramik atau berbahan kaleng.
  • Taruh bawang pada talenan dalam posisi berdiri
  • Tekan ujung bawang memakai bagian bawah mangkok sampai agak remuk
  • Masukkan bawang putih yang sudah remuk tadi kedalam mangkok.
  • Ambil Mangkok satunya lagi, tangkupkan ke mangkok pertama (berisi bawang)
  • Kocok-kocok agak lama
  • Bawang putih akan terkelupas kulitnya. Daging dan siung bawang akan memisah.
  • Silahkan ambil siung yang sudah bersih

6. Cara Mencincang Bawang Putih Agar cincangannya Rata Dan Mengeluarkan Aroma Harum.

Mencincang bawang biasanya sulit karena licin sehingga hasilnya tidak rata. aroma cincaangan bawang juga bisa ditingkatkan dengan cara tertentu. Bagaimana cara agar hasil cincangannya rata dan harum? Berikut tipsnya

  • Persiapkan bahan bawang putih yang segar
  • Geprek / memarkan / remuk bawang beserta kulitnya. 1-3 kali pukulan
  • Kupas kulit bawang putihnya
  • Siung yang sudah bersih dicincang sekaligus ditaburi garam sedikit agar bisa tercingcang rata dan aromanya awet tersimpaan bersama garam yang menempel.
  • Silahkan atur ukuran cincangan sesuai yang dibutuhkan

7. Cara Menghilangkan Noda bekas Kunyit Pada Peralatan Dapur

Setelah memasak makanan dengan bahan bumbu kunyit seperti kare, opr dan lainnya, terkadang peralatan masak menjadi berwarna kuning. Jika dicuci dengan sabun cuci piring biasa tidak akan menghilangkan bekas warna kunyit tersebut. Oleh karena itu agar bekas berwarna kuning tersebut hilang Anda bisa membuat larutan baking soda.

Larutkan baking soda dalam air. Siramkan atau rendam prrlatan sebentar. Kemudian gosok-gosok dengan sikat sampai hilang. Ulangi menyiram dan menggosok sampai noda benar-benar hilang. Nb : jangaan lupa mendiamkan sebentar setelah menyiram dan merendam agar baking soda bereaksi dengan noda.

8. Cara Agar Bumbu Kemiri Lebih Gurih dan Beraroma Harum

cara mengolah kemiri
Bumbu Dapur

Kemiri dapat mengeluarkan citarasa lebih gurih dan beraroma harum untuk masakan Anda. Rahasianya adalah bakar sebentar atau sangrai kemiri sebelum diolah dan dicampur dengan bumbu lainnya.

Jadi jangan mengolah kemiri mentah untuk bumbu masakan tapi pastikan sudah disangrai terlebih dahulu. Nisacaya bumbumasakan Anda kan lebih kental berminyak dan harum.

9. Cara Mengupas Kulit Jahe Dengan Mudah

Biasanya ibu-ibu mengupas kulit jahe memakai pisau kan? jangan-jangan Anda juga. Mengupas jahe menggunakan pisau akan merepotkan karena lekuan rimpang jahe yang tidak beraturan. Pekerjaan ini kalau tidak hati-hati tangan Anda bisa ikut terluka.

Padahal kulit jahe tidak sekeras yang Anda kira. Kulit jahe mudah dikupas hanya menggunakan sendok makan. Tangan jadi aman dari kemungkinan terluka dan pekerjaan mengupas jahe di dapur jadi lebih mudah.

10. Cara Agar Jeruk (Manis, Nipis dan Lemon) Lebih Banyak Airnya Saat Diperas

Saat membuat Air minum sari jeruk Anda pasti berharap air dari buah jeruk akan banyak. Tapi kenyataanya setelah diperas air yang didapatkan sedikit. apalagi setelah dilihat ternyata masih banyak bulir jeruk yang menempel dikulit dan tidak terperas. nah ada cara yang efektif bisa mengeluarkan air dari buah jeruk.

Caranya adalah Anda pukul-pukul terlebih dahulu buah jeruknya. Kemudian tekan dan gulingkan jeruk maju mundur memakai telapak tangan. insya Allah dengan cara ini  perasan air jeruk akan keluar lebih banyak

Demikianlah 10 tips dan trik cara mengolah bumbu di dapur yang bisa Anda terapkan di rumah. Kegiatan menyiapkan masakan akan lebih mudah dan menyenangkan manakala Anda sudah terbiasa melakukan tips dan trik di atas. Terimakasih Semoga bermanfaat.

Leave a Reply