cara mencuci sayuran bersih
Merendam Dalam Air Garam

3 Tips Dan Cara Mengolah Sayuran Di Dapur

Posted on

TIPS di Dapur Tentang Sayur – Memasak sayuran bagi banyak orang adalah kegiatan yang mudah dibandingkan memasak dengan bahan dasar hewani. Sayuran dikenal dengan kandungan vitamin, mineral dan serat yang tinggi. Sehingga bahan masakan ini baik untuk kesehatan keluarga. Selain itu harga sayuran ini murah tidak membuat kantung Anda jebol.

Ada cara-cara praktis mengolah sayuran agar kegiatan memasak di dapur menjadi lebih menyenangkan murah dan sehat. Diantaranya adalah cara mencuci sayuran agar bersih dari ulat dan hewan kecil yang berbahaya, tips menyimpan sayuran dan tips mengolah sayuran. Berikut tips-tipsnya:

1. Cara mencuci sayuran agar bersih dari ulat dan lintah

cara mencuci sayuran bersih
Merendam Dalam Air Garam

Sayuran yang Anda beli dari pasar belum tentu sudah bersih dari hama dan serangga kebun. Pernah mendengar cerita tentang lintah kecil yang masih hidup di batang kangkung meski sudah dimasak? pasti Anda pernah mendengar atau menonton video di sosial media sayur kangkung yang ada lintahnya dan ulat atau serangga lainnya.

Hal ini bisa anda cegah dengan memberikan perlakuan kepada sayuran. Caranya adalah dengan membilas sayuran dalam air garam. Siapkan baskon berisi 1000ml air. masukkan garam 2 sendok garam. bilas dan rendam sebentar sayuran tersebut. Biarkan sampai binatang yang melekat tersebut keluar karena tidak tahan dengan air garam. Selesai. bilas kembali dengan air bersih biasa yang tanpa garam. sauran siap diolah atau disimpan dalam kulkas

Sebagai informasi sayuran yang biasa banyak hamanya seperti sayuran yg hidup di air ; kangkung, genjer, selada air. Atau sayuran darat seperti kembang kol atau brokoli sering ada ulatnya. Hama yang sering berrcokol di sayuran tersebut diantaranya adalah ulat, cacing, lintah, siput dan keong air.

2. Cara menyimpan sayuran di kulkas agar tahan lama dan tidak busuk

cara menyimpan sayuran
Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas

Biasanya ibu rumah tangga menyimpan sayuran yang baru dibeli dari pasar langsung ke dalam kulkas. Padahal uap dari sayuran atau air yang tertinggal di dalam plastik kresek bisa memudahkan terjadinya pembusukan sehingga sayuran tidak tahan lama. Satu sisi kalau sayuran tidak ditaruh dalam kulkas atau dalam kondisi kering akan cepat layu.

Nah cara menyimpan sayuran agar tetap segar di dalam kulkas atau pun tanpa kulkas adalah dengan melapisi sayuran memakai lembaran koran bekas atau tissu makan (koran mengandung tinta) yang lembab (diperciki dengan air). lembaran kertas yang membungkus sayuran akan menjaga kelembaban dan mencegah terbentuknya air di dalam wadah. dengan begitu sayuran tidak mudah busuk. Mudah bukan?

3. Cara mengolah sayuran daun yang pahit menjadi tidak pahit.

tips merebus pare
Cara Merebus Bunga Pepaya

Anda tentu mengenal daun pepaya, kembang pepaya dan buah paria/pare. Nah ketiga sayuran tersebut dikenal karena rasanya yang pahit. Tetapi bannyak yang suka dengan sayuran ini karena membuat nafsu makan naik. Bagaimana caranya agar sayuran pahit ini bisa berkurang kepahitannya saat dimakan.

Caranya adalah merebus bahan sayur (pare atau kembang atau daun pepaya) dengan daun jambu batu/jambu biji. Siapkan bahan tadi dengan mencuci dan memotongnya sesuai selera. Masak air dengan 5 lembar daun jambu biji. Setelah air mendidih masukan bahan yang sdh disiapkan. rebus sebentar kurleb 12 menit. Aduk-aduk dan matikan kompor. Kemudian tiriskan. Bahan sayuran siap diolah menjadi masakan kesukaan Anda.. Mudah bukan?

Itulah tips ringan di dapur seputar sayuran yang akan membuat kegiatan memasak Anda menjadi lebih sehat dan lebih mudah. Anda akan mendapatkan masakan yang lebih sehat dengan mengolah masakan berbahan dasar sayuran. Semoga bermanfaat..

Leave a Reply