Resep Kue Beras Korea Yang Paling Mudah Dibuat

Posted on


Seperti yang kita ketahui jika negri Korea selain terkenal akan budayanya, tapi negri tersebut juga terkenal akan masakannya. Salah satu makanan yang tidak asing lagi kita dengar adalah tteokbokki, karena memang makanan satu ini selalu menghiasi pada film atau drama korea. Bagi anda yang penasaran untuk mencoba membuatnya sendiri, anda bisa mengikuti resep kue beras korea dari kami.

Tapi sebelum itu anda harus mengetahui sejarah dari makanan ini terlebih dahulu, makanan satu ini memang sudah ada sejak dinasti jaeson, dan pada saat itu bumbu pedas yang digunakan masih sangat sederhana, baru setelah penjajahan jepang muncul bumbu baru yang berbentuk seperti pasta, tapi memiliki rasa pedas yang terbuat dari cabe asli. Langsung saja kedalam pembahasan tentang resep kue beras korea yang bisa anda coba sendiri dirumah.

Resep Kue Beras Korea Atau Tteokbokki Yang Enak

Resep Kue Beras Korea

Seperti judul yang di deskripsikan, kami disini akan membuat makanan yang berbahan dasar dari kue beras, dan makanan yang akan kami sampaikan adalah makanan yang sangat populer di negara korea yaitu tteobokki, tapi sekarang ini memang masakan satu ini sudah tersebar luas di negara kita. Tapi harganya yang lumayan mahal, sangat disayangkan sekali jika kita menghaburkan uang untuk membeli makanan tersebut, padahal kita bisa membuat sendiri dirumah, dan cara yang digunakan juga cukup mudah.

Baca juga : Cara Memasak Kacang Merah Yang Enak dan Lezat

Bahan untuk membuat garaetteok :

  • 300 gram tepung beras
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm minyak wijen
  • 120 ml air

Bumbu yang dihaluskan :

  • 2 sdm pasta cabe korea
  • 1 sdt bubuk cabe (bisa menggunakan bubuk korea atau lokal)
  • 1 sdm gula pasir

Bahan utama yang harus ada :

  • 1 siung bawang bombay (potong kotak-kotak)
  • 2 lembar daun bawang (potong besar)
  • 200 gram wortel (potong panjang 5 cm)
  • 1 sendok makan minyak ikan
  • 500 ml air

Cara membuat garaetteok :

  1. Siapkan wadah terlebih dahulu, lalu campurkan tepung beras, air dan garam kedalam wadah tersebut dan aduk bahan tersebut.
  2. Setelah itu kukus adonan tersebut kurang lebih selama 25 menit dengan api sedang-sedang saja.
  3. Lalu angkat adonan tersebut, dan tumbuk menggunakan kayu atau mixer selagi panas.
  4. Selanjutnya lumuri tangan dengan minyak wijen, untuk membentuk adonan menjadi seperti silender yang memanjang.
  5. Lalu potong-potong adonan yang berbentuk silinder tadi sesuai dengan selera anda, tapi potong secara memanjang.
  6. Sekarang garaetteok siap untuk digunakan membuat tteokbokki.

Cara membuat tteokbokki :

  1. Pertama-tama siapkan panci, lalu masukan air secukupnya dan rebus air tersebut sampai mendidih.
  2. Baru setelah mendidih masukan semua bumbu yang dihaluskan, dan masukan juga garaetteok serta wortel.
  3. Jangan lupa untuk mengaduk semua bahan tersebut sampai merata supaya semua bumbu tersebut dapat meresap satu sama lain.
  4. Lakukan terus mengaduknya sampai airnya benar-benar menyusut dan kuahnya menjadi kental.
  5. Setelah kuahnya mengental, matikan kompornya, tapi sebelum mematikannya anda perlu mengetes rasanya terlebih dahulu, apakah masih ada rasa yang kurang pas dengan selera anda. Dengan begitu anda bisa menambahkan bumbu yang dirasa masih kurang.
  6. Tteokbokki siap untuk disajikan, sebaiknya nikamati makanan satu ini selagi masih hangat, karena akan berbeda ketika sudah dingin.

Baca juga : Resep Kue Rambutan Spesial Meses Coklat Khas Manado

Begitulah cara membuat tteokbokki yang sekarang ini populer di negara korea, dan anda tidak perlu mengeluarkan uang yang cukup banyak hanya untuk menikmati makanan satu ini. Kalau kita bisa membuatnya sendiri, kenapa harus membelinya? Jadi mulai sekarang anda harus lebih pintar lagi dalam mengeluarkan uang anda untuk hal yang tidak perlu. Jika anda berkeinginan untuk mencicipi makanan satu, anda tinggal mengikuti resep kue beras korea yang sudah kami sampaikan diatas.



Gravatar Image
Mengenai Penulis : Kontributor Dari ResepOnline.Info - Mahasiswi Fakultas Bahasa dan Seni, Jurusan Satra Indonesia Universitas Negeri Semarang

Leave a Reply