Bahan Dari Resep Kue Barongko Pisang Khas Bugis Dari Makassar

Resep Kue Barongko Pisang Khas Bugis Dari Makassar

Posted on

Resep Kue Barongko – Barongko makanan khas daerah suku Bugis-Makassar Sulawesi Selatan, kue barongko berbahan dasar pisang kepok atau pisang raja yang sudah dihaluskan, kemudian dicampur telur ayam kampung, santan kepala, gula pasir, dan garam. Untuk cara pembuatannya dibungkus bersama memakai daun pisang yang masih muda dan setelah itu dikukus atau dimasak sampai matang. Konon pada periode kerajaan bugis, kue barongko disajikan sebagai jamuan penutup para raja bugis saat waktu makan. Nah sekarang ini ini kue barongko disajikan untuk acara perayaan seperti pernikahan, sunatan syukuran dll.

Sekilas kue barongko mirip kue nagasari, cuma kue yang satu ini mempunyai warna yang putih, beraroma lebih harum dan teksturnya lebih lembut dibandingkan dengan kue nagasari. Untuk bagian tengah kue barongko ini terdapat potongan pisang yang rasanya manis. Kue ini sangat pas untuk disajikan sebagai makanan buka puasa. Tidak hanya itu kue barongko dapat menambah stamina baik bagi sistem pencernaan.

Resep Cara Membuat Kue Barongko Pisang Khas Bugis

Untuk membuat kue Barongko memerlukan kemauan dan skill memasak yang baik. Agar kualitas rasa dan tampilan yang khas dari Barongko ini tetap terjaga  Dikarenakan itu Barongko jarang sekali dijumpai dijual di pasaran. Namun Anda tidak usah khawatir karena kami akan memberikan resep kue barongko ini secara lengkap khusus untuk anda. Berikut resep nya:

Bahan Dari Resep Kue Barongko Pisang Khas Bugis Dari Makassar
Kue Barongko

Bahan-Bahan Untuk Kue Barongko Pisang

  • Daun pisang yang masih muda.
  •  5 sisir pisang
  •  25 butir telur ayam kampung
  • 2,5 Kg gula pasir,
  • Vanili secukupnya
  • 4 buah Kelapa yang telah diparut
  • 250 ml susu kental manis
  • 1,5 liter air.

Cara Membuat Kue Barongko Pisang Khas Bugis

  1. Gunting daun pisang dengan ukuran 30 x 15 centi meter, kalo mampu bentukkan juga daun pisang seperti perahu.
  2. Kupas pisang dari kulitnya dan tengahnya yang hitam di buang, wadahi
  3. Masukan pisang kedalam blender lalu blender sambil menuangkan santan sedikit demi sedikit dengan cara secara perlahan.
  4. Sesudah itu tuangkan pisang yang sudah di blender sebelumnya dengan santan ke dalam baskom
  5. Tambahkan telur ke dalam blaskom, kocok sampai merata dan benar-benar lembut, lalu  masukkan gula pasir dan bubuk vanili terus aduk hingga merata.
  6. Setelah itu angkat adonan yang telah tercampur tersebut
  7. Memanfaatkan cangkir, tuangkan adonan kedalam cetakan daun pisang yang sudah dibentuk
  8. Ujung dari daun pisang dijepit memakai bambu agar adonanannya tidak keluar
  9. Step yang terakhir proses pengukusan, susun rapi kue dalam dandang terlebih dulu, lalu kukus selama kurang lebih 30 menit dan daun pisang beralih warna hijau tua. Setelah itu  angkat dan dinginkan
  10. Kue barongko pisang siap dihidangkan.

Kue barongko juga telah siap untuk di makan bersama-sama, seandainya ingin rasanya lebih enak cobalah masukkan kedalam lemari es. Tidak hanya bertambah enak tetapi juga mampu untuk membuat kue barongko ini menjadi awet dan tahan lebih lama. Demikianlah resep kue barongko yang dapat kami berikan untuk Anda, ikuti resep kami yang lainnya mengenai Cara Memasak Kornet Daging Sapi Spesial Praktis

Leave a Reply