diet buka puasa
Makan ikan Untuk buka Puasa

Menu Buka Puasa Agar Langsing Dan Sehat Tanpa Olahraga

Posted on

Apakah Anda sedang menjalankan puasa agar langsing? Setelah puasa, seringkali Anda malah dikagetkan dengan berat badan meningkat. Bahkan, tidak sedikit yang sedang menjalankan diet sembari puasa gagal mengontrol nafsu makan. Saat buka puasa, kecenderungan masyarakat Indonesia adalah menyajikan berbagai menu, mulai dari gorengan untuk camilan sampai minuman bersoda. Itulah mengapa mungkin Anda merasa sulit bisa turun berat badan setelah 30 hari puasa.

Padahal, tekad diet saat puasa bisa terbantu ketika. Kalau selama ini Anda selalu gagal ketika menjalankan diet karena teman-teman sekeliling Anda doyan mengajak wisata kuliner, maka Anda punya kesempatan untuk merubah kebiasaan tersebut dengan berpuasa.

Puasa sekaligus diet bisa berhasil terletak pada pola makan Anda. Misalnya, ketika berbuka, seringkali merasa kalap. Kemudian, ketika sahur seringkali malah menyajikan menu yang praktis seperti makanan siap saji, makanan pabrikan seperti mie instan, dan makanan beku yang kurang memberi nutrisi untuk tubuh.

Selain itu, cara diet saat puasa tanpa olahraga bisa Anda siasati. Ya, mungkin ketika setelah shalat shubuh, Anda bisa menikmati jalan santai agar tetap fit, tanpa harus melakukan olahraga berat.

Cara menjaga berat badan saat puasa agar cepat turun adalah dengan memperhatikan pola makan yang sehat, sehingga bukan mustahil bisa turun dari satu sampai tiga kilogram dalam seminggu. Nah, berikut beberapa informasi yang harus Anda simak.

Menu Buka Puasa Untuk Diet  Penurunan Berat badan Yang Berhasil :

1. Air Putih

diet buka puasa minum air putih
Banyak Minum Air Putih

Memang berbuka puasa terasa seperti kurang istimewa jika harus meneguk air putih. Namun, memastikan tubuh mendapatkan air putih yang cukup adalah hal penting, terutama ketika sedang berpuasa. Akan tetapi, terlalu banyak meminum air putih juga kurang bagus, sebab bisa membuat Anda kembung.

Baca Juga : Resep Menu Buka Puasa Praktis

Berpuasa membuat tubuh kehilangan cairan dalam waktu yang cukup lama. Itulah mengapa air putih tetap dibutuhkan agar tubuh tidak dehidrasi. Saat berbuka atau sahur, akan lebih baik jika Anda meminum air hangat. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan lemak-lemak, terutama di area perut dengan mudah namun alami.

2. Konsumsi Kurma

Diet buka puasa
Takjil Dengan Kurma

Kurma adalah salah satu makanan favorit Nabi Muhammad S.A.W. Selain rasanya yang enak, kurma ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Nah,menu sahur sehat dan murah ini harus selalu tersedia di meja makan. Puasa seharian membuat tubuh Anda kehilangan energi.

Itulah mengapa, kurma yang memiliki sumber gula yang bagus untuk tubuh dibutuhkan. Bukan hanya itu, buah manis ini ternyata juga memiliki kandungan serat, magnesium dan potassium yang tinggi. Khasiatnya adalah membantu sistem pencernaan.

3. Hindari Menu Nasi Putih, Ganti Pakai Nasi Merah

diet dengan nasi merah
Makan Nasi Merah

Puasa agar langsing juga bisa Anda coba dengan menghindari nasi putih. Selama berpuasa, sebaiknya konsumsi nasi merah. Nasi putih mengandung karbohidrat cukup tinggi. Sama seperti makanan berkarbohidrat lainnya seperti mie, bihun, dan kwetiaw. Semua menu tersebut harus Anda hilangkan. Ketika mengonsumsi nasi putih dan juga mie, maka tubuh akan mencernanya lebih cepat, dan mengandung kalori tinggi. Inilah alasannya sehingga kadar glukosa pun meningkat.

Sedangkan pengganti nasi putih atau sumber karbohidrat di atas bisa dicoba dengan nasi merah, karena sumber karbohidratnya yang kompleks. Sumber karbohidrat kompleks lainnya adalah kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang merah, dan kacang hijau serta biji-bijian, termasuk beras hitam, atau gandum.

Sehingga, tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mencernanya. Nasi merah akan membuat Anda merasa kenyang dalam waktu yang lama. Menu sahur yang tidak bikin gemuk ini juga bisa Anda suguhkan bersama dengan lauk yang sehat agar diet Anda benar-benar berhasil.

4. Hilangkan Menu Gorengan, Santan, Dan Fast Food

Percayalah, diet saat puasa turun 10 kg bisa berhasil kalau Anda menjalankan cara-cara pada artikel berikut, termasuk menghilangkan menu gorengan, santan, dan juga menu buka puasa yg instan (fast food). Makanan-makanan ini adalah menu yang paling berkontribusi membuat tubuh Anda mudah gemuk karena lemak. Contohnya, Anda harus libur mengonsumsi kentang goreng, kolak, burger, spaghetti, dan fried chicken. Sedangkan untuk minumannya, sebaiknya hindari kopi dan juga minuman bersoda.

5. Menu Ikan Harus Disajikan

diet makan ikan
Banyak makan Ikan

Ikan bisa Anda suguhkan sebagai menu buka puasa yg sehat agar badan bisa langsing setelah puasa. Anda tinggal memilih jenis ikan yang ingin diolah untuk menu buka puasa. Namun, ikan yang paling baik adalah ikan Tuna atau Salmon. Dua jenis ikan ini juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang sangat baik agar kolesterol dalam darah tetap terkontrol.

Karena Anda sedang puasa agar langsing, maka menyajikan ikan pun tidak boleh sembarangan. Ketika ingin memasak ikan, sebaiknya suguhkan dengan cara direbus, dipanggang, atau juga dibakar. Sebab, jika Anda menggoreng ikan, maka minyak yang Anda gunakan mengandung lemak. Sama seperti Anda mengonsumsi gorengan. Nah, kalau menurut Anda ikan Salmon atau Ikan Tuna terlalu mahal, Anda bisa menggantinya dengan ikan Mujahir atau Gurami yang lebih murah.

6. Menu Daging Sapi

Puasa agar langsing juga tetap bisa Anda jalankan meskipun dengan mengonsumsi daging sapi. Daging sapi tidak akan membuat berat badan Anda bertambah berat, selama Anda mengonsumsinya dalam porsi yang sesuai.

Selain itu, Anda juga harus tahu trik memilih daging sapi yang tepat. Pastikan daging sapi tersebut tanpa lemak. Sedangkan untuk mengolahnya, Anda bisa membuat resep steak sapi bakar, atau steak sapi panggang.

Baca juga : Bistik Daging Sapi Untuk Buka Puasa

Tidak berhenti disitu, Anda juga harus menggunakan bumbu yang sesuai ketika memasaknya. Gunakan air lemon, garam, dan merica untuk membumbui. Selain steak, Anda juga bisa membuat rawon daging sapi atau soto sapi tanpa santan.

7. Menu Dengan Serat Tinggi

diet serat
Banyak Makan Serat

Diet dengan puasa 3 hari juga bisa Anda siapkan dengan membuat berbagai menu yang kaya serat. Kandungan serat pada berbagai menu puasa akan membantu tubuh tetap sehat dan membuat pencernaan tetap lancar.

 

Misalnya, Anda bisa mengolah berbagai sayuran untuk salad yang Anda sajikan sebagai hidangan pembuka. Atau, Anda bisa membuat takjil. Sayuran yang diolah sedemikian rupa juga bisa Anda santap sebagai lauk. Kemudian, setelah tarawih, Anda bisa mengonsumsi berbagai buah-buahan segar. Tidak perlu banyak, mengonsumsi buah-buahan dalam porsi yang kecil sudah sangat membantu menjaga pencernaan serta mencegah sembelit.

Buah-buahan lainnya juga bisa menjadi cara cepat diet lewat puasa yang patut Anda coba. Misalnya saja, Anda bisa menyediakan jeruk, semangka, anggur, melon, atau buah lainnya yang memiliki banyak air. Tujuannya adalah agar Anda merasa kenyang, tidak gampang lapar, dan terhindar dari masalah dehidrasi ketika puasa.

8. Hindari Menu Makanan Bersantan

Saat diet, waktunya Anda mengabaikan berbagai menu makanan bersantan. Santan tinggi dengan lemak yang membuat kadar kolesterol meningkat. Dalam kondisi tersebut, tekanan darah dan kadar gula meningkat pula. Artinya, Anda juga tidak disarankan mengonsumsi kolak.
Kolak pisang yang enak, ternyata harus Anda hindari ketika diet. Bahkan, menu-menu lainnya seperti opor ayam juga wajib dihindari.

Nah, itulah informasi tentang bagaimana Anda bisa puasa agar langsing. Memperhatikan pola makan sangatlah penting. Jangan sampai ketika terdengar bedug buka puasa, Anda melahap semua menu yang tersaji tanpa memperhatikan berat badan yang terus meroket. Salam Resep online..

Leave a Reply