makanan khas palembang
Pempek Palembang

9 Makanan Khas Palembang Yang Bisa Bikin Lidah Bergoyang

Posted on

Makanan Khas Palembang – Palembang merupakan ibu kota di daerah Sumatera Selatan yang bisa dikatakan sebagai kota terbesar kedua setelah Medan di Sumatera. Seperti kebanyakan kota di daerah Indonesia, Palembang juga memiliki banyak tempat wisata untuk dikunjungi.

Menariknya lagi, Palembang juga memiliki banyak makanan khas yang terkenal. Bahkan makanan khas yang berada di Palembang ini juga sudah tersebar hampir di seluruh daerah Indonesia. Berikut ini beberapa makanan khas asal Palembang yang bisa dicoba ketika datang ke daerah tersebut.

Daftar Makanan Khas Palembang

1. Pempek

makanan khas palembang
Pempek Palembang

Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas Palembang pempek? Makanan dari Palembang ini sudah terkenal hampir di seluruh Indonesia dan rasanya, hampir semua orang juga sudah pernah mencoba makanan pempek ini. Sekalipun sudah ada di banyak daerah namun rasa pempek Palembang memang tidak bisa tergantikan.

Makanan ini terbuat dari sajian ikan sagu yang diberi modifikasi dengan udang, telur, tahu, dan beberapa bahan lainnya. Yang menarik dari pempek adalah sausnya, sebab disajikan dengan menggunakan saus khusus yang dibuat dari campuran gula merah, bawang putih, cabe, udang ebi, dan juga garam. Jika dilihat dari bahannya tentu saja pempek bisa membuat Anda merasa tertarik dan menikmati makanan khas Palembang ini.

Banyak sekali makanan pempek yang ada di Palembang, namun jika mau rasa yang melegenda maka Anda bisa mencobanya di Pempek Pak Raden yang ada di Jl. Radial 24 Ilir No.80A, Bukit Kecil, Palembang, Sumatera Selatan. Jam bukanya setiap hari dari pukul 06.00-22.00. Harga yang dibandrol juga cukup irit, sekitar Rp. 3.000/bijinya.

2. Laksan

makanan tradisional palembang
Laksan

Selanjutnya ada makanan kuliner khas dari Palembang lainnya dengan nama Laksan. Mungkin tidak banyak yang tahu, tetapi makanan ini bisa disebut dengan pempek lenjer. Di Palembang makanan Laksan cukup terkenal dan banyak diminati oleh para wisatawan.

Makanan khas Palembang ini disajikan dengan menggunakan kuah bersantan yang jika dilihat lebih mirip dengan lontong sayur. Makanan ini paling cocok disantap ketika pagi hari agar terasa lebih segar.

Jika Anda ingin mencoba makanan Laksan, maka bisa mencobanya di Laksan Kaito yang berada di lokasi Jalan Kapten Anwar Arsyad, No. 99, Palembang, Sumatra Selatan. Untuk jam bukanya setiap hari dari 06.00-18.00 WIB. Harga yang dibandrol juga sangat murah sektiar 8.000 IDR/porsinya.

3. Tekwan

makanan khas palembang
Tekwan

Jika Anda sudah sering makan bakso dan ingin mencoba variasi lainnya maka bisa mencoba tekwan yang merupakan bakso dari Palembang. Memang namanya berbeda namun tidak jauh dari bakso bentuk dan rasanya. Hidangan tekwan ini disajikan dengan menggunakan bakso ikan, kuah, dan mie putih dengan rasa khas sebab terbuat dari sari kelapa udang dan juga daun bawang.

Untuk menikmati tekwan dengan spot terbaik, Anda bisa mencoba makan di Pempek Lince jika datang ke Palembang. Lokasi pastinya ada di Jl. Tugumulyo No.2398, 20 Ilir D II, Ilir Timur. Bukanya setiap hari mulai pukul 08.00-18.00. Harga untuk satu porsi tekwan ini sekitar 18.000 IDR/porsinya.

4. Celimpungan

Celimpungan khas palembang
Celimpungan

Tiap hari raya lebaran atau ketika momen tertentu biasanya ada makanan khas yang disajikan. Di daerah Palembang ketika hari raya biasanya identik dengan makanan Celimpungan. Memang makanan ini sulit ditemukan jika tidak pada waktu hari raya. Namun makanan Celimpungan ini banyak yang suka. Terbuat dari bahan dasar ikan sagu dan hampir menyerupai laksan, hanya saja bentuknya bulat putih dan sedikit lebih besar.

Celimpungan ini terbuat dari kuah kari yang kental dan memiliki ciri khas rasanya sendiri. Jika Anda ingin mencobanya ketika ada di Palembang maka bisa datang di Warung Aba. Lokasinya ada di Jl. Dr. M. Isa No.26/15, Kuto Batu, Ilir Timur II, Palembang, Sumatera Selatan. Jam bukanya setiap hari dari 05.00-18.00 WB. Harga yang dibandrol cukup murah, sekitar 10.000 IDR/porsinya.

5. Lakso

makanan khas palembang
Lakso

Jika tadi ada makanan khas Palembang laksan, ada juga makanan khasnya dengan nama lakso. Memilik kuah kental yang khas dan bentuknya memang seperti mie hanya saja rasanya lebih kental dan juga gurih. Banyak juga yang suka dengan makanan ini karena rasanya memang menagihkan. Lakso sendiri akan menjadi lebih nikmat jika diberi tambahan bawang goreng.

Untuk menikmati lakso dengan destinasi yang seru, Anda bisa mencobanya di Warung Aba seperti menikmati lakso sebelumnya. Lokasinya ada di Lokasinya ada di Jl. Dr. M. Isa No.26/15, Kuto Batu, Ilir Timur II, Palembang, Sumatera Selatan. Jam bukanya juga sama, setiap hari dari 05.00-18.00 WB. Harga yang dibandrol sama dengan laksan, sekitar 10.000 IDR/porsinya.

6. Burgo

Burgo khas palembang
Burgo

Burgo merupakan makanan khas Palembang selanjutnya yang bisa Anda coba. Hampir menyerupai lakso, makanan ini terbuat dari adonan tepung beras dan juga tepung sagu, dimasak dengan cara seperti dadar yang tipis dan digulung. Setelah itu burgo akan diiris degan kasar, jika dilihat dengan lebih jeli makanan burgo ini serupa kwetiaw.

Yang membuat sajian ini terasa lebih enak karena disajikan dengan kuah yang gurih dan diracik dengan menggunakan santan dan banyak bumbu seperti ketumbar, kencur, lengkuas, bawang putih, kunyit, dan juga kemiri. Burgo juga dilengkapi dengan daging ikan yang sudah disuwir dan bawang goreng, rasanya memang sangat menagihkan apalagi ada tambahan ayam rebus dan sambel juga jeruk nipis.

Lokasi makan yang nikmat masih di Warung Aba, lokasinya ada di Jl. Dr. M. Isa No.26/15, Kuto Batu, Ilir Timur II, Palembang, Sumatera Selatan. Jam bukanya setiap hari dari 05.00-18.00 WB. Harga yang dibandrol cukup murah, sekitar 10.000 IDR/porsinya.

Anda tertarik membuat burgo dan cemplungan berikut resepnya : Resep burgo dan celimpungan

7. Martabak Palembang

kuliner palembang
Martabak Har

Makanan khas Palembang selanjutnya ada martabak Palembang, memang komposisinya tidak jauh berbeda dengan martabak biasanya namun martabak Palembang tetap memiliki khasnya tersendiri. Yang membedakannya dari martabak biasanya adalah cara untuk memakannya sebab agar rasanya lebih enak disantap dengan menggunakan kuah kental dengan bumbu rempah yang kaya. Rasanya memang khas dan enak sekali, tidak heran jika banyak yang suka.

Untuk menikmati martabak Palembang ini bisa datang di Martabak HAR yang lokasinya ada di Jl. Jendral Sudirman No. 597A, 18 Ilir, Ilir Timur, Palembang, Sumatera Selatan. Jam bukanya setiap hari dari pukul 07.00-21.00 WIB. Harganya mulai dari 21.000 IDR, tetapi harga bisa berubah sesuai dengan isian dari martabak yang dipesan.

8. Mie Celor

makanan khas palembang
Mie Celor

Yang terkenal dari makanan khas Palembang lainnya ada mie celor yang ada di Mie Celor 26 Ilir Haji Syafe’I. Sebenarnya sama dengan mie celup dan disajikan dengan kaldu santan kental dan ditambah tauge juga telur rerbus. Lokasinya ada di Jl. Merdeka No.54, Talang Semut, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Bukanya dari jam 06.00-17.00 dengan harga 15.000 IDR/porsi.

9. Kue 8 jam

Bahan Dari Resep Kue 8 Jam Khas Palembang Yang Manis Nan Legit
Kue 8 Jam

Sesuai Namanya kue ini dibuat dalam jangka waktu delapan jam. Lama bukan? Tentu saja lama karena ini adalah kue special. Tidak semua orang boleh memakannya pada jaman dahulu. Nah, sekilas sejarahnya kue ini hanya dihidangkan untuk bangsawan dan kerabat kerajaan saja. Kue 8 jam ini dihidangkan pada saat upacara adat atau hari besar keagamaan seperti lebaran.

Namun saat ini kue ddelaapaan jam dapat dijumpai di toko kue atau Anda sendiri dapat membuatnya di rumah. Setiap orang boleh memakannya tidak harus berasal kalangan bangsawan atau kerajaan. Penasaran kan? Berikut resep kue 8 jam

Itulah beberapa informasi seputar makanan kuliner khas dari Palembang yang bisa Anda coba ketika sedang berkunjung di kota Palembang. Anda dan keluarga wajib mencicipinya.. tidak sah berkunjung ke palembang tanpa menikmati kuliner ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply