makanan khas maluku
Kohu-kohu

Makanan Khas Maluku Yang Bikin Traveling Anda Lebih Lengkap

Posted on

Makanan khas Maluku adalah salah satu alasan mengapa Anda wajib traveling ke daerah yang penuh perairan ini. Selain pantai, pulaunya yang cantik serta budayanya, Anda wajib mencoba berbagai kuliner yang ada di Maluku.

Karena wilayahnya yang sebagian besarnya adalah perairan, hampir seluruh kuliner di Maluku menggunakan ikan sebagai bahan dasarnya. Kemudian, makanan pokok maluku juga wajib Anda coba, yaitu seperti aneka makanan berbahan sagu.

Nah, apa saja Makanan khas Maluku yang wajib Anda coba selama berkunjung disana? Berikut ulasan yang harus Anda simak.

Makanan Khas Maluku :

1. Kohu-kohu

makanan khas maluku
Kohu-kohu

Tampilan Makanan khas Maluku ini akan membuat Anda teringat pada urapan atau urap. Memang sekilas keduanya tampak mirip. Akan tetapi, tentu saja masing-masing daerah punya keunikan yang membuat dua makanan tersebut cukup berbeda. Kohu-kohu dibuat menggunakan suwiran ikan. Ikan yang ditambahkan adalah ikan Cakalang, sehingga rasanya benar-benar gurih dan kaya.

Bukan hanya ikan, cara menyantap Kohu-kohu juga unik. Anda bisa menyantapnya dengan buah pisang, singkong, talas, atau juga ubi jalar yang dikukus dulu. Cukup unik, bukan?

Kohu-kohu juga dibuat dari berbagai bahan yang sehat seperti aneka sayuran (kacang panjang, mentimun, kemangi, dan juga tauge). Seluruh sayuran tersebut dicampur dengan irisan bumbu dan dicampur dengan parutan kelapa.

2. Nasi Lapola

masakan ambon
Nasi Lapola

Makanan pokok Maluku yang satu ini juga wajib Anda coba lho. Mengolahnya adalah dengan mencampurkan kacang tolo seperti kacang kedele berwarna merah serta beras. Makanan khas Maluku ini begitu populer di tanah Maluku, apalagi cara buatnya juga sederhana.

Pertama, Anda harus mencuci beras, menanaknya dengan api kecil yang kemudian dicampur dengan kacang tolo yang sudah direbus. Kemudian, tambahkan garam dan juga parutan kelapa. Seluruh bahan dicampur dan diaduk supaya rata. Nasi terus dikukus sampai matang, paling tidak 30 menit. Kemudian, nasi pun siap disajikan. Bisa dibayangkan rasanya, mantap bukan?

Makanan ini wajib Anda coba karena cita rasanya yang gurih ditambah nasi yang pulen. Langsung semuanya melumer di mulut.

3. Bubur Sagu Ubi

makanan khas maluku
Bubur Sagu Ubi

Selain dua makanan di atas, Anda tidak boleh melewatkan santapan Bubur Sagu Ubi sebagai salah satu Makanan khas Maluku. Terbuat dari sagu, bubur ini sedikit mirip dengan kolak ubi. Hanya saja, masih ditambahkan sagu.

Anda wajib coba kuliner yang satu ini karena membuatnya diperlukan keahlian khusus supaya sagu yang diolah benar-benar sempurna. Prosesnya jadi sulit karena sagu harus direndam untuk diendapkan sarinya sebelum dicampur dengan tambahan bahan lainnya. Sari inilah yang akan diambil, kemudian dicampur dengan daun pandan, ubi, gula merah, dan juga gula pasir yang sudah direbus.

Kuliner ini begitu kuat terutama aroma wangi pandan, manisnya aren, gurihnya sagu, dan citarasa ubi yang khas. Semua terasa nikmat disantap dengan santan kental.

4. Rujak Natsepa

kuliner ambon
Rujak Natsepa

Rujak ini khas Ambon, sebenarnya secara bahan baku buah yang digunakan sama seperti rujak dari daerah lainnya. Buah yang dipakai adalah mangga, kedondong, belimbin, nanas dan jambu. Nah, keunikannya terletak pada bumbu rujak.

Bahan baku bumbu rujak yang digunakan adalah cabai, gula aren dan ini yang berbeda yaitu menggunakan irisan buah pala. Buah pala terkenal sebagai buah khas dari Ambon. Masih ingatkan pelajaran di SD Ambon tekenal karena rempah-rempah diantaranya adalah buah pala. Cobain deh.. rasakan sensasi pedasnya bumbu rujak tapi ada hangat dan wanginya buah pala. Hanya ada di rujak natsepa..

5. Sambal Colo-colo

makanan khas maluku
Sambal Colo-colo

Sambal adalah salah satu makanan pendamping untuk melengkapi Makanan khas Maluku yang Anda inginkan. Tanpa ada sambal Colo-colo, dijamin wisata kuliner Anda di Maluku tidak akan sempurna. Daripada menyesal, menyantap sambal Colo-colo adalah pilihan terakhir.

Membuat sambal tersebut membutuhkan irisan cabe rawit, jeruk nipis, tomat muda, bawang merah, dan garam. Semua bahan tinggal dicampur dan ditambah air perasan jeruk nipis. Kemudian, beri air hangat serta garam.

Agar citarasanya semakin kuat, sedikit kecap manis juga diperlukan. Sajikan dengan tambahan daun kemangi. Santap sambal tersebut dengan ikan bakar, ikan goreng, ikan asar, papeda, ubi rebus, atau juga nasi.

Itulah beberapa Makanan pokok Maluku yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Maluku. Dijamin, kuliner andalan tersebut bakal bikin Anda kangen berkunjung ke Maluku lagi.

Leave a Reply