kuliner malaysia
Asam Laksa Penang

15 Makanan Khas Malaysia Dijamin Murah Dan Halal, Backpacker Wajib Coba

Posted on

Makanan khas malaysia – sangat menarik untuk dicoba. Mengapa demikian? Sebagai Negara tetangga kita, Malaysia yang merupakan Negara dalam wilayah Asia Tenggara ini ternyata memiliki tiga etnis utama yaitu Melayu, India, dan juga Cina.

Karena etnisnya yang sangat beragam, maka hal ini mempengaruhi kuliner yang ada di negara tersebut. Tidak hanya itu, ada pula etnis lain seperti Arab dan Thailand yang walaupun tidak memberikan pengaruh yang signifikan dalam kuliner di Malaysia.

Nah, untuk kamu yang ingin tahu apa saja macam-macam makanan khas di Negeri Jiran tersebut, kamu bisa menggunakan informasi berikut.

Makanan Khas Malaysia :

Ayam Percik

makanan khas malaysia
Ayam Percik

Seperti namanya, makanan khas ini dibuat dari ayam yang kemudian dibumbui dengan berbagai rempah. Untuk ayam percik, terdapat dua jenis yang paling terkenal di Malaysia. Kamu bisa membedakan kedua jenis tersebut berdasarkan tempat, yaitu Kelantan dan Terengganu.

Ayam Percik Kelantan dibuat dengan tambahan santan, rempah-rempah, serta saus dan bumbu yang khas. Sedangkan Ayam Percik Terengganu dibuat lebih pedas dan lebih nendang karena ditambah dengan bumbu cabai.

Kenapa harus coba menu makanan yang satu ini? Karena menunya terbilang unik. Untuk menyajikannya, orang Malaysia mengolah dan merendam ayam kedalam bumbu. Kemudian, mereka memasaknya dengan cara dipanggang dan ditambah bumbu khas dengan cara dipercikkan.

Sebelum siap disajikan, ayam masih dibalur dengan saus. Bisa dibayangkan bagaimana aroma dan citarasa yang benar-benar terjaga pada menu ini, bukan?

Nasi Lemak

masakan malaysia
Nasi Lemak

Nasi lemak juga ternyata cukup populer di Indonesia. Tidak heran jika tidak sedikit pula masyarakat Indonesia yang memulai bisnis dengan berjualan nasi Lemak. Bukan hanya itu, kamu juga tidak akan kesulitan mencari beberapa tempat makan di Indonesia yang menyajikan nasi lemak dalam buku menu.

Apa itu nasi lemak?

Nasi lemak dimasak dengan cara nasi direndam dalam krim kelapa. Tak sampai disitu, nasi lemak masih harus dikukus sampai matang, ditambah beberapa rempah termasuk jahe, pandan, dan sereh. Bisa dibayangkan bagaimana sedapnya aroma nasi lemak yang bisa bikin perut langsung keroncongan.

Untuk menambah selera makan, orang Malaysia juga menambahkan pelengkap seperti ayam goreng, tumis kangkung, telur rebus, rendang sapi goreng, sambal sotong, dan juga sambal goreng teri kacang.

Ayam Pongteh

makanan khas malaysia
Ayam Pong Teh

Ayam Pongteh jadi salah satu menu andalan yang paling sering dicari di Malaysia dan Singapura. Jika dilihat dari tampilannya, ayam ini bikin kamu teringat dengan semur ayam, tapi disajikan dengan potongan kentang serta jamur shitake.

Menu jadi tampak komplit dan menyenangkan untuk dimakan. Di Malaysia, kamu tidak perlu kuatir makanan seperti ini non-halal. Sebab, orang Malaysia cenderung menggunakan daging ayam.

Nasi Daun Pisang

makanan khas malaysia
Nasi Daun Pisang

Walaupun nasi daun pisang bukanlah makanan khas asli dari Malaysia, namun makanan orang India ini ternyata menjadi salah satu primadona bagi orang Malaysia. Betapa tidak, nasi ini terasa begitu nikmat karena disuguhkan di atas daun pisang.

Dulunya, kuliner asal India Selatan ini hanya ada di daerah Tamil, Andhra Pradesh, Kerala, dan juga Karnataka. Kemudian, pedagang India membawa kuliner tersebut ke Malaysia.

Makanan khas ini cukup unik dalam hal proses penyajiannya. Daun pisang menjadi alas harus direntangkan terlebih dahulu, disusul nasi dan jenis sayuran lainnya. Bumbu kari kemudian dituang agar memiliki cita rasa yang menggugah selera.

Asam Laksa Penang

kuliner malaysia
Asam Laksa Penang

Laksa adalah makanan khas yang membuat Singapura menjadi cukup dikenal di kalangan para pecinta kuliner. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa menemukan sajian laksa lainnya di Negara lain. Contohnya, Asam Laksa Penang adalah makanan khas malaysia yang wajib kamu coba.

Rasa asam pedas dengan kuah kental ini benar-benar menggugah selera. Proses penyuguhannya adalah dengan menyiram kuah tersebut di atas mie atau bihun. Hidangan kemudian ditambah pelengkap seperti cabai, mentimun, selada, nanas, dan ikan makarel segar.

Fakta menarik lainnya dalam makanan ini adalah bahwa Asam Laksa Penang merupakan kombinasi budaya masakan China dengan Melayu. Rasanya yang lezat cocok untuk kamu yang doyan mengkonsumsi makanan pedas.

Char Kway Teow

makanan khas malaysia
Char Kway Teo

Makanan khas yang satu ini menjadi salah satu daftar alasan mengapa Malaysia memiliki cukup banyak kemiripan dengan Indonesia. Char Kway Teow adalah kwetiau goreng yang namanya juga terkenal di Singapura. Adalah makanan berbahan utama mie yang digoreng di wajan ditambah dengan bahan pelengkap lainnya seperti kerang, udang, telur, sosis, daun kucai, bakso ikan, serta tauge.

Untuk bumbunya juga tampak sedikit mirip dengan kwetiau di Indonesia. Ya, makanan ini terasa lezat karena tambahan bumbu kecap manis, sambal, kecap ikan, dan bawang putih. Bahkan, ada beberapa daerah di Malaysia yang menjual makanan ini dengan daging kepiting sebagai tambahannya.

Kek Lapis Sarawak

masakan malaysia
Kek Lapis

Kue lapis adalah makanan yang sering dijumpai di Indonesia. Kamu mungkin bisa menemukannya di pasar tradisional atau toko kue dengan mudah. Nah, kue lapis juga ada loh di Malaysia.

Kek Lapis Sarawak juga bisa dijadikan oleh-oleh makanan khas malaysia yang biasanya dibuat untuk perayaan keagamaan, kue ulang tahun, juga pesta pernikahan.

Nasi Kerabu

makanan khas malaysia
Nasi Kerabu

Jika kamu sedang berkunjung ke Malaysia, melewatkan Nasi Kerabu yang menjadi icon atau makanan khas malaysia sama seperti membuang kesempatan. Begitu ingat kamu melewatkan makanan yang satu ini dan sudah balik ke Indonesia, membuat kamu akan menyesal. Apalagi jika momen liburan ke Malaysia adalah momen yang besar. Mengapa Nasi Kerabu wajib dicicipi?

Hidangan ini terbilang unik karena warnanya yang biru, sehingga tentu akan membuat siapapun yang melihatnya akan penasaran bagaimana citarasanya. Nasi tampak biru karena tambahan kelopak bunga dalam proses memasak.

Selain merupakan hidangan utama, biasanya orang Malaysia menyantap Nasi Kerabu dengan lauk seperti ayam goreng, ikan kering, kerupuk, telur asin, sayuran, dan ayam bakar. Kalau nasinya tidak biru, biasanya Nasi Kerabu disuguhkan dengan nasi kuning, nasi hitam, atau nasi putih biasa.

Nasi Kandar

makanan khas malaysia
Nasi Kandar

Nasi Kandar juga menjadi salah satu menu makanan khas malaysia halal yang sayang untuk dilewatkan. Tidak hanya rasanya saja yang lezat, tetapi juga makanan seperti ini benar-benar akan membuat kamu merasa ketagihan.

Nasi Kandar adalah nasi putih yang disuguhkan dan disiram dengan kuah kari kental. Nasi terasa lengkap disantap dengan adanya pauk seperti daging kambing, telur, cumi-cumi goreng, udang goreng, daging sapi, ayam goreng, atau jeroan.

Hidangan terasa begitu lengkap karena ada tambahan sayuran seperti pare dan tumis terong. Untuk pembeli, kamu boleh memilih beberapa pilihan kuah kari yang tersedia di tempat makan yang menyediakan menu tersebut.

Murtabah

makanan malaysia
Murtabah

Makanan khas malaysia yang satu ini cukup mirip dengan martabak telur. Cara memasaknya bahkan tidak jauh berbeda dengan martabak telur yang ada di Indonesia. Jadi, kalau lagi kangen dengan martabak telur di daerah ketika kamu sedang melancong di Negeri Jiran, beli saja Murtabah. Makanan ini bisa ditemukan dengan mudah di daerah Penang saat malam hari. Biasanya dijajakan oleh para pedagang kaki lima.

Chi Chong Fan

makanan khas malaysia
Chi Chong Fan

Makanan khas malaysia halal yang lainnya adalah Chi Chong Fan, walaupun asal makanan ini adalah dari Kanton. Tidak sedikit orang Malaysia yang berjualan menu yang satu ini. Apa sih Chi Chong Fan?

Makanan ini sebenarnya adalah kwetiau, digulung kemudian disajikan dengan menggunakan saus sambal dan saus khusus. Selain itu, seringkali makanan tersebut disantap sebagai appetizer. Kamu bisa menemukan menu yang satu ini di beberapa Restoran China.

Mee Siam

makanan khas malaysia
Mee Siam

Pernah dengar makanan khas malaysia, Mee Siam? Tahu kenapa harus mencoba menu yang satu ini begitu kamu punya kesempatan berburu kuliner Malaysia? Ya, Mee Siam adalah makanan yang mendapatkan label “Truly Malaysia”.

Label ini diberikan oleh pemerintah setempat. Makanan tersebut dibuat dari bihun atau misua yang disajikan dengan siraman kuah asam pedas yang sedikit mirip dengan Laksa.

Aroma daun bawang yang diiris-iris tipis di bagian atas mie tentu semakin membuat siapapun ingin segera menyantap hidangan tersebut. Tak hanya itu, tetapi makanan tersebut juga terasa semakin menggoda dengan perasan jeruk nipis.

Umai

masakan khas malaysia
Umai

Selain berbagai pilihan makanan di atas, sebaiknya kamu melengkapi liburan di Malaysia dengan menyantap Umai. Umai adalah menu yang cocok untuk kamu yang tertarik dengan kuliner ala Jepang atau Korea.

Ya, makanan khas malaysia ini adalah makanan berbahan dasar ikan mentah. Uniknya, tidak semua ikan digunakan untuk menyajikan makanan tersebut. Orang Malaysia membuat makanan ini dengan menggunakan ikan tertentu yang masih segar seperti bawal putih, parang, terubuk, udang, dan bawal hitam.

Ketika mengolah hidangan tersebut, biasanya yang harus dilakukan adalah membuang bau amis, yaitu dengan menggunakan jus limau kasutri. Jus tersebut digunakan untuk merendam ikan. Sehingga, Umai yang kamu santap bebas aroma amis.

Tak sampai disitu, ikan juga ditaburi dengan rempah-rempah pilihan sebagai bumbunya seperti bawang putih, bawang merah, garam, cabai, dan penyedap rasa. Umai juga dihidangkan dengan tambahan sambal jika kamu sangat doyan makanan pedas.

Mee Kolok

makanan khas malaysia
Mee Kolok

Kangen dengan mie ayamnya Indonesia? Kamu bisa melampiaskan semuanya sementara dengan menyantap Mee Kolok. Hidangan ini seperti mie ayam, hanya saja menggunakan mie yang lebih kenyal dibandingkan mie lainnya. Bahkan, terdapat dua variasi mie dalam penyajiannya yaitu mie yang polos dan mie dengan tambahan bumbu saus merah.

Makanan ini terbilang sangat populer di Malaysia. Tidak heran jika kamu bisa mencarinya baik saat wisata kuliner malam hari atau siang hari. Selain itu, mie ini juga tidak basah walaupun terdapat kuah dan kecap hitam. Makanan terasa semakin menggoda selera dengan tambahan bawang merah.

Bubur Century

masakan malaysia
Bubur Century

Lucu juga nama makanan yang satu ini, terdengar unik dan menggelitik siapapun yang mendengarnya. Bubur Century sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bubur ayam. Namun, perbedaan yang paling mencolok adalah bagian toppingnya.

Mengapa demikian? Bubur Century disajikan dengan tambahan telur pitan warna hitam sebagai toppingnya. Memang, untuk yang tidak terbiasa memakan telur mentah, mereka akan berpikir ulang.

Akan tetapi, mereka yang benar-benar melihat bagaimana kandungan gizinya yang cukup tinggi, tidak akan ragu untuk mencoba menu tersebut. Telur hitam ini ternyata mirip telur asin. Bedanya, proses pengawetan dilakukan hingga mencapai bulanan.

Nah, itulah daftar makanan khas malaysia yang dijamin halal dan wajib kamu coba ketika kamu sedang melancong ke Malaysia. Jangan sampai terlewatkan semuanya, selamat liburan!

Leave a Reply