makanan khas madiun
Nasi pecel Madiun

Makanan Khas Madiun Yang Murah Dan Bikin Ketagihan

Posted on

Makanan Khas Madiun – Masuk dalam salah satu wilayah di Jawa Timur, Madiun berbatasan langsung dengan kabupaten Magetan. Banyak wisatawan dari luar daerah yang sering berkunjung ke Madiun untuk sekedar jalan-jalan atau berwisata kuliner dengan memburu berbagai makanan khas madiun.

Jangan salah, ada banyak makanan khas madiun yang mungkin Anda belum pernah mencobanya sama sekali. Jika pekan ini adalah kali pertama Anda mengunjungi Madiun, berikut beberapa makanan khas yang wajib Anda coba disana.

1. Kue Manco

makanan khas madiun
Kue Manco

Mungkin Anda sudah pernah mendengar kue Manco, namun belum pernah mencobanya. Sebagai jajanan khas Madiun, kue ini dibuat dari Ketan dan merupakan salah satu jajanan tradisional. Menariknya, kue ini dibumbui dengan mitos bahwa tidak ada daerah lain yang bisa membuat makanan khas madiun yang satu ini, kecuali Desa Tambak Mas.

Desa inilah yang menjadi tempat asal muasalnya Kue Manco. Pasalnya, hanya desa tersebut yang mampu membuat kue Manco berongga di bagian dalam ketika Anda menggigitnya. Cukup membuat penasaran, bukan?

Kue Manco dibuat dengan adonan tepung ketan dicampur air kemudian diaduk-aduk seperti donat. Kemudian, kue direbus dan harus dikeringkan sebelum dipotong berbentuk segitiga. Kue pun digoreng sampai mengembang. Manco yang sudah digoreng barulah ditambahkan cairan gula merah.

Varian rasanya juga bervariasi seperti rasa kacang, beras, dan ketan. Gurih dan manisnya Manco ini membuat ketagihan, dengan harganya yang bersahabat yaitu hanya 10.000 Rupiah.

2. Soto Madiun

masakan tradisional madiun
Soto Madiun

Untuk Anda yang mencari Kuliner Malam Madiun, Anda bisa menghangatkan diri dengan nikmatnya santapan Soto Madiun. Salah satu warung soto terkenal di Madiun adalah di samping Hotel Kartika Abadi. Soto Ayam Kampung milik Pak Sutopo ini dijual dengan citarasanya yang nikmat dan gurih. Bukanya saja malam hari dan masih bisa ludes.

Untuk satu porsinya, Anda dapat menikmati soto yama, nasi, sate kulit, dan juga tempe goreng. Soto jadi terasa semakin nikmat karena tambahan ati ampela.

3. Wedang Cemoe

makanan khas madiun
Wedang Cemoe

Wedang Cemoe juga wajib Anda coba ketika berkunjung di Madiun. Minuman khas ini bisa Anda seruput selagi hangat. Campuran santan kelapa, potongan roti tawar dan juga kacang tanah yang digoreng membuat citarasanya begitu hangat dan manis.

Namun, Anda hanya bisa membelinya saat malam hari, karena termasuk salah satu kuliner malam madiun yang laris manis. Untuk harganya, Anda hanya perlu merogoh kocek 3.000 Rupiah saja untuk menikmatinya dalam semangkuk.

4. Nasi Jotos / Sego Jotos

makanan khas madiun
Sego Jotos

Nama makanan Madiun ini sangat unik. Pasalnya, jika diterjemahkan, nasi jotos artinya adalah nasi kepalan tinju. Tentu saja, Anda tidak akan babak belur ketika menyantapnya. Mungkin ini gambaran karena citarasanya yang nendang banget.

Penyajian kuliner madiun murah ini sedikit mirip seperti nasi kucing. Dalam satu porsinya, Anda sudah mendapatkan nasi, lauk tempe, telur, dan juga tahu.
Mengapa kuliner ini begitu populer? Hal ini dikarenakan sambalnya yang benar-benar nampol. Untuk menikmati nasi jotos yang terkenal, Anda harus pergi ke kota Madiun, ke arah selatan.

Dengan menempuh perjalanan 20 km, Anda akan menemukan destinasi wisata Air Terjun Slampir sekaligus menikmati kuliner Sego Jotos ini.

5. Nasi Pecel Madiun

makanan khas madiun
Nasi pecel Madiun

Kuliner madiun murah yang satu ini memang sekilas sama seperti makanan di wilayah Jawa Timur lainnya. Akan tetapi, Madiun menambahkan bahan-bahan lainnya pada kuliner tersebut, misalnya dengan adanya Kembang Turi serta Lempeng. Berbeda dengan daerah lainnya yang menambahkan rempeyek.

Menyajikannya juga unik, karena menggunakan pincuk. Kemudian, cara menyantapnya adalah dengan tambahan lauk jerohan serta empal.

Itulah daftar makanan khas madiun yang enak dan murah. Pastikan pula Anda membeli beberapa kuliner di atas di warung yang telah direkomendasikan oleh para pelancong lainnya. Dijamin Anda akan ketagihan dan tidak akan pernah menyesal berwisata ke Madiun.

Leave a Reply