oleh-oleh khas lampung
Keripik Pisang

9 Makanan Khas Lampung Yang Bikin Nagih Melulu

Posted on

Makanan Khas Lampung – Jika Anda melihat daerah Sumatera Selatan, pasti menemukan provinsi Lampung. Provinsi ini termasuk salah satu daerah dimana industrinya bisa berkembang dengan pesat. Sekalipun industrinya berkembang pesat, tetapi Lampung juga memiliki wisata kuliner yang menagihkan dan khas.

Ibukota provinsi Lampung ini ada di Bandar Lampung. Ada sekitar 2 kota dan 15 kabupaten yang ada di daerah Lampung. Dengan banyaknya kota dan kabupaten berkembang pula khasanan makanan khas lampung di provinsi ini. Berikut ini makanan khas dari Lampung yang terkenal dan bisa Anda coba ketika berada di Lampung.

9 Makanan Khas Lampung :

1. Tempoyak

makanan khas lampung
Tempoyak

Makanan khas Lampung pertama ada tempoyak yang termasuk salah satu makanan khas dari Lampung yang cukup diminati para wisatawan. Tempoyak sendiri merupakan makanan yang dibuat dari bahan dasar buah durian dan diolah dengan cara difermentasi.

Uniknya lagi, makanan ini biasanya dimakan bersamaan dengan nasi. Pasti rasanya sangat unik dan tidak heran jika banyak yang suka dengan tempoyak ini.

Rasa tempoyak sendiri memang asam dan aromanya sangat menyengat. Banyak yang mengatakan bahwa rasa tempoyak hampir menyerupai yogurt. Hal ini dikarenakan proses fermentasi dari durian. Tempoyak sebenarnya tidak hanya dikenal di lampung, tetapi juga ada di Palembang, Kalimantan, tidak jarang juga ada di Malaysia.

2. Seruit

makanan khas lampung
Seruit

Untuk Anda yang suka dengan makanan khas Lampung dari ikan, jika datang ke Lampung maka bisa mencoba seruit. Seruit sendiri merupakan ikan yang diolah dengan cara dibakar ataupun digoreng, yang membuat rasanya spesial adalah sambal yang digunakan. Ada banyak jenis sambal yang digunakan seperti sambal mangga, tempoyak, bahkan juga terasi.

Biasanya ikan yang digunakan adalah ikan sungai dengan jenis seperti baung, layis, balide, dan beberapa jenis ikan darat yang lainnya. Rasanya akan makin lezat jika ditambahkan dengan lalapan untuk menyantapnya.

Orang Lampung mengkonsumsi seruit ini dengan cara yang menambahkan tempoyak di dalam seruit. Rasanya memang sangat lezat dan unik. Jika Anda datang ke Lampung, cobalah makan seruit yang dicampurkan dengan tempoyak, pasti Anda akan merasa ketagihan.

3. Geguduh

makanan khas lampung geguduh
Geguduh

Makanan lainnya yang khas sekali dengan Lampung ada Geguduh. Namanya cukup unik, namun geguduh ini merupakan makanan khas Lampung yang dibuat dari pisang. Jika Anda melihatnya mungkin akan terlihat seperti pisang goreng.

Hal tersebut memang benar, sebab geguduh ini dibuat mirip seperti pisang goreng. Anda harus mencampurkan pisang dengan adonan tepung terigu. Yang membuat berbeda, pisang yang akan digunakan harus dilembutkan terlebih dahulu. Jika sudah membuat adonannya, maka bisa digoreng di dalam minyak yang panas.

Di pinggiran jalan Lampung, bayak sekali pedagang kaki lima yang menjual geguduh ini. Jadi coba rasakan juga ketika sudah berada di Lampung.

4. Kemplang

oleh-oleh khas lampumg
Kemplang

Bagi beberapa orang, pasti sudah tidak asing dengan makanan keplang. Makanan khas Lampung ini juga sering ditemukan di daerah lainnya. Kemplang sendiri punya rasa yang renyah dan terbuat dari bahan ikan. Rasanya khas dan menagihkan dan sering dibuat cemilan atau suguhkan di rumah.

Jika menyamakan kemplang dengan kerupuk, tentu saja akan berbeda sebab untuk membuat kemplang tidak digoreng seperti kerupuk tetapi dipanggang. Cocok sekali untuk Anda yang sedang diet dan tidak ingin mengkonsumsi makanan yang digoreng.

Rasa dari kemplang sendiri memang tidak perlu diragukan sebab gurihnya akan membuat Anda ketagihan dan susah untuk berhenti makan. Selain untuk suguhan, kemplang juga cocok untuk teman makan agar semakin lezat.

5. Keripik pisang

oleh-oleh khas lampung
Keripik Pisang

Keripik pisang sudah jadi makanan yang tidak asing dan bahkan bisa ditemukan hampir di seluruh daerah Indonesia. Namun jika Anda datang ke Lampung, cobalah makan kerpik pisang yang dijual di sana, pasti membuat Anda merasa senang. Pasalnya, rasa keripik pisang yang dijual di sana sebenarnya berbeda dengan keripik pisang biasa.

Yang membedakan, ada banyak rasa yang bisa dipilih, misalnya, keju, strawberry, coklat, mocca, susu, melon, sapi panggang, balado, dan masih banyak beberapa rasa lainnya yang bisa disesuaikan dengan kesukaan Anda.

Jika Anda pergi ke Lampung, maka bisa membawa keripik pisang sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah, dijamin pasti banyak yang suka. Untuk membelinya sangat banyak yang menjual, jadi tidak akan kerepotan untuk mencarinya.

6. Engkak ketan

makanan khas lampung
Engkak Ketan

Selanjutnya, ada makanan engkak ketan yang juga salah satu makanan khas Lampung. Engkak ketan terbuat dari bahan ketan namun rupanya berupa seperti kue basah. Makanan ini banyak disukai sebab bisa disuguhkan ketika ada momen tertentu. Engkak ketan punya cita rasa yang unik, tapi tetap lezat.

Sebenarnya, engkak ketan ini bisa ditemukan dibanyak daerah Sumatera Selatan, misalnya juga di Palembang. Karena makanannya memang enak, jadi tidak heran jika banyak yang suka. Banyak toko kue yang menjual engkak ketan. Namun karena termasuk kue basah, tidak bisa Anda gunakan sebagai oleh-oleh sebab tidak bisa bertahan lama.

7. Umbu

makanan khas lampung
Umbut Rotan

Ada umbu sebagai salah satu makanan khas Lampung selanjutnya. Makanan ini cocok untuk Anda yang suka sekali dengan makanan lalapan. Umbu sendiri tidak seperti lalapan biasanya, namun berupa dedaunan hijau.

Umbu terbuat dari rotan yang masih muda, kemudian direbus sampai teksturnya menjadi empuk. Ada rasa dagi pada umbu mungkin akan terasa aneh buat Anda yang belum pernah mencobanya. Rasanya memang hampir sama seperti pare, namun rasa pahitnya umbu jauh lebih enak dan bisa membuat selera makan Anda semakin bertambah.

Biasanya umbu ini disajikan di rumah makan yang menyediakan makanan lalapan dan umbu termasuk dalam menunya. Umbu sendiri juga sering dimasak oleh ibu-ibu sebagai teman makan sebab rasanya memang sangat khas.

8. Gabing

makanan khas lampung
Gabing Goreng

Selanjutnya, barangkali Anda pernah mendengar tentang gabing yang termasuk juga makanan khas dari Lampung. Gabing ini terbuat dari batang kelapa yang memiliki masih muda dan ukurannya juga tidak terlalu besar.

Jika dilihat sekilas makanan ini seperti makanan rebung yang terbuat dari bambu muda. Tetapi batang kelapa yang masih muda ini dimasak dengan menggunakan santan dan beberapa bumbu rempah yang khas dari Lampung.

Rasa dari makanan ini sangat unik sebab ada paduan manis, pedas, dan juga asin. Jika Anda penasaran, maka ketika di Lampung bisa mencobanya.

9. Gulai taboh

masakan khas lampung
Gulai Taboh

Sebagai orang indonesia, memang sudah tidak asing lagi dengan makanan gulai. Tetapi gulai dari Lampung ini sedikit berbeda. Dengan nama gulai taboh, kuliner ini menggunakan bahan santan dan juga beberapa bahan pilihan lainnya yang sangat khas.

Gulai taboh ini disajikan dengan dua cara, ada yang menggunakan ikan laut dan dicampur dengan menggunakan sayuran seperti kacang panjang, rebung, dan juga daun tangkil.

Tetapi ada juga yang menggunakan ikan sungai dengan campuran keluwek, atau yang disebut dengan tuba. Rasanya berbeda dengan gulai pada umumnya dan bisa membuat Anda ketagihan ketika mencobanya.

Itulah beberapa informasi seputar makanan khas dari Lampung. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply