makanan khas korea selatan
Samgyetang

27 Makanan Khas Korea Yang Halal dan Enak

Posted on

Makanan khas Korea bikin liburan Anda di Korea Selatan jadi lebih sempurna. Makanan korea dengan citarasa pedas akan membuat Anda bersemangat mengisi liburan di sana. Apalagi untuk Anda yang tinggal selama beberapa hari. Rasanya buang-buang waktu kalau sedang di Korsel, tapi malah sibuk masak, alih-alih sulit mencari makanan khas yang halal.

Karena liburan di Negeri Gingseng ini harus dinikmati, Anda bisa mencari beberapa jenis makanan khas Korsel yang halal. Apa saja daftar pilihannya? Berikut informasi makanan khas korea selatan yang halal yang bisa Anda cari.

Oh iya disclaimernya daftar pilihan makanan di bawah ini berbahan baku dari hewan yang halal. Tetapi untuk memastikan 100% halal Anda harus memesan makanan ini di restoran yang sudah mendapatkan sertifikat halal.

Daftar Makanan Khas Korea Dijamin Halal

1. Cikin

makanan khas korea
Cikin

Makanan khas Korea ini berbahan dasar daging ayam yang sudah dicampur dengan bumbu khas Korea yang sedap. Makanan ini disantap dengan lobak sebagai pelengkapnya. Tentu saja, cikin disantap tanpa nasi. Uniknya lagi, orang Korea menyantap cikin dengan minuman soda sebagai pasangannya.

2. Samgyetang

makanan khas korea selatan
Samgyetang

Bisa dibilang bahwa khasiat makanan ini mirip khasiat sop buntut. Ya, Samgyetang adalah sup ayam ginseng yang direbus dengan menggunakan api kecil. Proses memasaknya juga cukup lama, yaitu dua hingga tiga jam agar benar-benar empuk. Biasanya, makanan ini selalu jadi santapan ketika musim dingin.

3. Bulgogi

masakan korea
Bulgogi

Bulgogi adalah makanan khas Korea yang dibuat dari daging sapi. Daging ini dipotong tipis-tipis seperti lembaran. Cara memasaknya juga bisa ditumis atau dipanggang. Selain itu, makanan ini benar-benar lezat karena ditambah dengan sup kuah. Bulgogi menjadi salah satu makanan populer yang paling sering diburu turis loh!

4. Mul Naengmyeon

makanan khas korea
Mul Naengmyeon

Jika Anda sedang malas makan nasi selama di Korsel, tidak masalah. Anda bisa mengonsumsi makanan lainnya yang akan memanjakan lidah. Mul Naengmyeon tidak jauh bedanya seperti mie, akan tetapi kuahnya dingin. Tidak heran jika makanan yang satu ini sering disantap ketika musim panas.

5. Dakgalbi

makanan khas korea
Dakgalbi

Pernah dengar Dakgalbi? Salah satu jenis makanan Korea ini dibuat dari ayam ditambah bumbu dan sayuran. Kemudian, Dakgalbi dimasak dengan cara ditumis. Untuk menambah rasa, tambahkan saus gochujang, saus yang sangat populer di Korea.

6. Kimchi Bokkeumbap

makanan khas korea
Kimchi Bokkeumbap

Kalau dibandingkan dengan makanan Indonesia, Kimchi Bokkeumbap ini adalah nasi goreng. Bedanya, nasi goreng tersebut dimasak dengan campuran kimchi. Untuk Anda yang sedang liburan di Korsel dan kangen dengan nasi goreng di rumah, makanan khas korea yang halal ini cocok untuk diburu.

7. Kimchi

masakan korea selatan
Kimchi

Berbeda dengan Kimchi Bokkeumbap, Kimchi adalah hidangan pelengkap, jadi bukan hidangan utama. Biasanya, orang Korea selalu menyantap kimchi dengan nasi karena bisa dijadikan sebagai pelengkap makanan atau lauk.

Untuk Anda yang doyan makanan pedas, Kimchi ini wajib dicoba loh. Cara membuat makanan yang melalui proses fermentasi adalah dengan menggunakan sawi putih, bumbu cabe, jahe, bawang, juga saus ikan.

8. Doenjang-Jjigae

makanan khas korea
Doenjang

Makanan pokok tradisional Korsel ini wajib Anda coba kalau Anda sedang disana, loh. Makanan ini tergolong unik karena merupakan makanan berkuah yang dimasak dengan berbagai bahan seperti sayuran, pasta kacang yang telah difermentasi, dan tahu.

9. Sannakji

makanan khas korea
Sannakji

Jangan sampai berasumsi bahwa di Korsel, semua makanan dimasak dari daging babi, ya. Soalnya, untuk Anda yang doyan seafood, Sannakji adalah pilihan tepat untuk menyantap menu sehat berbahan utama gurita.

Jangan salah, Sannakji ini adalah gurita yang masih hidup, yang disuguhkan dengan minyak dan biji wijen untuk bumbunya. Bagaimana, berani?

10. Yangnyeom Tongdak

makanan khas korea
Yangnyeom

Menu yang satu ini benar-benar menu yang tidak boleh dilewatkan. Makanan khas Korea tersebut akan membuat Anda sedikit teringat dengan cita rasa koloke. Untuk lidah orang Indonesia, makanan ini wajib dicoba, terlebih ketika disuguhkan dengan saus pedas.

11. Dakkochi

kuliner korea
Dakkochi

Suka sate ayam khas Madura? Nah, Anda wajib coba gimana rasanya Dakkochi, sate ayam ala Korea. Daging ayam dipotong-potong, kemudian ditusuk seperti sate dan dipanggang. Rasanya semakin mantap dengan tambahan saus pedas. Dijamin, Anda bakalan sering berburu kuliner yang satu ini.

12. Dakjuk

makanan khas korea
Dakjuk

Tidak masalah jika Anda bukan fans berat sate ayam seperti Dakkochi, tapi bagaimana dengan bubur ayam ala Korea? Dakjuk adalah makanan khas Korsel yang dibuat dari ayam sebagai bahan dasarnya.

Cara memasaknya juga terbilang sederhana, yaitu dengan cara merebus ayam sehingga menghasilkan aroma dan rasa kaldu yang menggugah selera. Makanan ini terasa semakin lengkap dengan tambahan irisan daun bawang, serta bumbu dan bahan lainnya seperti nasi dan sayuran.

13. Bibimbap

makanan khas korea
Bibimbap

Makanan khas korea selatan ini bakalan bikin Anda teringat dengan tanah kelahiran, loh. Kenapa? Soalnya, Bibimbap berarti campuran, dengan nasi, sayuran hijau, sayuran berwarna oranye dan putih, lalu ditambah telur mata sapi setengah matang.

Komposisi dan cara penyajian makanan ini bakal bikin Anda teringat dengan nasi pecel di Indonesia. Cara memakannya juga unik, Anda tinggal mencampur semua bahan terlebih dahulu sebelum menyantapnya.

14. Kimbap

kuliner korea
Kimbap

Kimbap adalah nasi campur yang sudah ditambah minyak wijen dan garam, kemudian dibentuk segitiga atau bulat-bulat, atau sesuai kreasi. Nasi ini memiliki isian seperti sayur, ayam, daging ikan, atau sapi yang kemudian dibalut dengan selembar rumput laut kering.

15. Miyeok Guk

makanan khas korea
Miyeok Guk

Selanjutnya, Anda juga bisa mencicipi nikmatnya makanan khas Korea, Miyeok Guk yang sepintas bisa dibilang seperti sup rumput laut. Kuahnya terasa segar karena ditambah dengan aroma kaldu ikan atau kaldu sapi, sesuai selera. Sup ini bikin malam-malam Anda di Korea Selatan terasa hangat dan segar.

Sebaiknya, Anda menyantap menu yang satu ini ketika sedang berlibur di Korsel saat musim dingin. Sup ini dimasak dan seringkali disajikan ketika Ulang Tahun. Bukan hanya itu, sup tersebut juga sering dimasak untuk ibu yang baru saja melahirkan.

16. Japchae

Kombinasi mie, daging, dan sayuran pada Makanan khas Korea ini bikin lidah bergoyang. Tidak jauh dengan capcay Indonesia, makanan ini terasa begitu segar dan cocok untuk perut keroncongan.

17. Jajangmyeon

Makanan ini juga wajib Anda coba. Adalah mie tebal, kemudian ditambah dengan siraman kuah dari pasta kedelai. Bahan-bahan halal di dalamnya juga terasa enak disantap dengan tambahan seafood.

18. Ramyeon

Untuk Anda yang doyan nonton film drama Korea, sering banget kan lihat bagaimana para artis didalamnya asyik makan ramyeon? Nah, ramyeon memang tidak jauh beda dengan mie instan di Indonesia. Ketika memasak Ramyeon, Anda bisa menambahkan telur serta sayur. Bedanya, orang Korea lebih sering menyantap ramyeon yang masih di panci, tidak di mangkok.

19. Tteokbokki

Makanan khas Korea ini bukanlah makanan utama, tetapi kue beras. Kue beras tersebut ditambah dengan bumbu pedas, sehingga meskipun merupakan hidangan yang sederhana, tetapi citarasanya benar-benar bikin kangen. Jangan lupa coba menu yang satu ini ya. Anda bisa menemukannya di berbagai franchise di Korea.

20. Tteokguk

Makanan ini sedikit mirip dengan Tteokbokki, akan tetapi tentu ada keunikannya sendiri. Menu ini tampak beda karena bahan yang digunakan lebih banyak yaitu dengan tambahan telur goreng, kucai, dan juga daging sapi.
https://vebma.com/contents/289/15tteokguk-jenis-makanan-khas-korea-selatan-yang-halal-dan-bisa-Anda-coba.jpg

21. Gogigui

Makanan khas Korea ini ditusuk seperti sate, jadi lebih cocok untuk Anda yang ingin menikmati barbeque selama di Korea. Bedanya dengan sate adalah, Gogigui merupakan makanan yang ditusuk dengan tambahan sayur. Jadi, sayurnya juga ditusuk kemudian dicampur dengan saus khas Korea. Menu yang satu ini rasanya cocok disantap saat malam minggu, hangout bareng teman dan nikmati pesta barbeque.

22. Haemultang

Haemultang juga merupakan salah satu makanan khas korea selatan yang cukup terkenal dan juga halal. Haemultang adalah sup yang dimasak dengan tambahan berbagai bahan laut yang sedap. Kemudian, cara memasaknya juga tampak unik, karena orang Korea memasukkan bumbu, kaldu, dan air terlebih dahulu sampai mendidih.

Setelah itu, bahan-bahan laut mulai dimasukkan. Mereka juga memasak dengan cara yang unik yaitu gurita dimasukkan kedalam rebusan secara hidup-hidup supaya makanan benar-benar segar.

23. Cheonggukjang

Dikenal sebagai pasta Kedelai ala Korea, proses pembuatannya memakan waktu beberapa hari. Hal ini dikarenakan biji kedelai yang digunakan harus difermentasi terlebih dahulu, sebelum kemudian disajikan sebagai sup. Selain aromanya yang begitu kuat, citarasa yang ditawarkan juga cukup menggugah selera.

Tak hanya itu, Makanan khas Korea ini juga menyehatkan karena mengandung bakteri Bacillus Subtilis yang dapat mengurai kedelai menjadi saponin dan asam amino. Fungsi kandungan ini adalah untuk menurunkan kadar kolesterol dan juga meningkatkan fungsi hati. Terakhir, makanan ini juga digunakan untuk menu diet dan juga menunda penuaan dini.

24. Kebab

Kebab adalah salah satu makanan asli khas Korsel, loh. Makanan ini dapat menjadi alternatif untuk mengenyangkan perut dengan cita rasanya yang enak. Kebab di Korea dimasak dengan bahan dasar daging sapi atau daging domba. Jadi, tentu saja bagi Muslim, kebab cocok untuk diburu.

Sekedar tips supaya Anda tidak ragu mencari kebab adalah dengan mengunjungi berbagai menu yang ditawarkan di restoran Turki. Jika Anda sedang di Korea, berkunjunglah ke daerah Islamic Street dan temukan menu tersebut di Restoran “Salam”. Restoran ini selalu buka mulai dari pukul 12 siang sampai 10 malam.

25. Sup Kacang Pedas

Sup kacang pedas tersebut adalah Makanan khas Korea yang bisa dinikmati di Korea Selatan. Seperti namanya, Sup kacang pedas dibuat dengan bahan dasar Kacang yang ditambah bumbu khas sehingga menjadi sup yang cocok untuk Anda yang doyan makanan pedas.

Kalau Anda kesulitan mencari dimana tempat membeli sup kacang pedas, Anda bisa berkunjung ke Restoran Shabana. Disana, Anda juga bisa menemukan berbagai menu vegetarian lainnya yang dijamin halal.

26. Saengseon Gui

Berbahan dasar ikan, Makanan khas Korea ini kalau di Indonesia disebut ikan Makarel. Jika diartikan kedalam bahasa Indonesia, Saengseon Gui adalah ikan panggang. Uniknya, orang Korea memasak ikan makarel ini dengan cara digoreng, bukan dipanggang.

Kenapa harus coba menu yang satu ini? Saengseon Gui dimasak dengan menggunakan ikan-ikan segar hasil tangkapan nelayan. Sehingga, ketika digoreng tidak mengeluarkan bau amis. Citarasanya juga begitu lezat dan menggugah selera.

27. Maeuntang

Pernah dengar Maeuntang? Menu makanan ini adalah tergolong makanan tradisional orang Korea Selatan. Untuk pelancong Muslim yang galau mencari makanan halal, Maeuntang dibuat dari bahan dasar ikan. Kemudian, ikan direbus ditambah bumbu khas Korea yang membuat cita rasanya pedas. Biasanya, banyak wisatawan yang mencoba menu yang satu ini ketika musim dingin.

Orang Korea menyajikannya di hotplate sehingga makanan tetap hangat walaupun sedang dikonsumsi. Rasa sup yang segar ditambah daging ikan yang kenyal tidak akan membuat Anda bisa berhenti makan sup ini.

Nah, itulah 27 daftar makanan khas korea selatan yang wajib Anda cicipi ketika Anda berlibur disana ya. Menurut Anda makanan mana yang wajib dicoba duluan?

Leave a Reply