nasi jamblang khas jawa barat
Nasi Jamblang

9 Makanan Khas Jawa Barat Yang Paling Enak Dan Bikin Ngiler!

Posted on

Makanan Khas Jawa Barat – Sering ke Jawa Barat? Tahukah Anda kalau Jawa Barat adalah kota pusat kuliner yang ada di Indonesia. Selain banyak makanan khas yang populer, makanan khas Jawa Barat ternyata cukup membuat ngiler siapapun yang melihatnya. Penasaran apa saja kuliner makanan yang ada di Jawa Barat yang wajib dicoba? Berikut informasinya.

Makanan Khas Jawa Barat Yang paling Enak :

1. Nasi Lengko

Masakan Khas Jawa Barat
Nasi Lengko

Nasi Lengko adalah kuliner di Jawa Barat yang merupakan nasi ditambah dnegan isian seperti gorengan dan sayuran, tahu, tempe goreng, daun kucai, tauge, dan juga mentimun. Nasi tersebut kemudian dihidangkan dengan tambahan lainnya seperti saos kacang yang membuatnya terasa enak, serta begitu menggoyang lidah.

Anda juga dapat menyantap Nasi Lengko dengan citarasa yang pedas. Nasi Lengko yang ditambah cabai juga akan menciptakan sensasi pedas. Bahkan, Nasi Lengko terasa semakin mantap jika ditambahkan dengan daun goring yang ditabur. Sayuran pada Nasi Lengko membuatnya terasa semakin nikmat disantap.

2. Tapai Ketan

makanan khas jawa barat
Tapai Ketan

Makanan khas jawa barat selanjutnya yang bikin Anda ngiler pasti adalah Tapai Ketan, terutama jika Anda suka dengan kuliner Ketan. Ketan diolah dengan cara fermentasi. Asal kuliner ini dari Kuningan sedangkan bahan dasar untuk membuatnya adalah menggunakan beras Ketan. Anda bisa membuatnya dari Beras Ketan Putih atau hitam. Rasanya tetap sama dan tidak berubah, selalu membuat siapapun ketagihan.

Tampilan Tapai Ketan semakin menarik. Hal ini dikarenakan proses membuatnya ditambah dengan pewarna alami, yaitu dari daun katuk sehingga tampak hijau segar. Untuk bungkusnya, Tapai Ketan dibuat dengan menggunakan bungkus daun jambu dan daun pisang. Tidak heran jika aromanya yang sedap membuat siapapun pasti ngiler ingin segera melahapnya.

3. Tahu Kuningan

makanan tahu khas jawa barat
Tahu Kuningan

Jangan lupa untuk mencicipi bagaimana mantapnya citarasa Tahu Kuningan ketika berkunjung ke Jawa Barat. Makanan khas jawa barat ini memang paling cocok untuk cemilan. Seperti namanya, Tahu Kuningan adalah cemilan dari Kuningan. Rasanya menjadi lebih enak dan sedap jika Anda menambahkan sambal atau cabai.

Sama seperti tahu yang lain, Tahu Kuningan dibuat dari olahan kedelai yang sudah difermentasi. Akan tetapi, tahu ini cukup berbeda dengan tahu lainnya yaitu karena bentuknya yang padat, rasanya yang gurih, dan membuat siapapun terus mencomot Tahu Kuningan karena takut kehabisan.

4. Mie Kocok

makanan khas jawa barat mie
Mie Kocok

Memang, Makanan khas jawa barat ini tidak begitu sepopuler makanan mie ayam atau mie lainnya. Akan tetapi, soal rasa tidak bisa diganggu gugat. Mie Kocok dibuat dari bahan dasar mie, kemudian dicampur dengan telur. Sehingga, rasa gurihnya benar-benar menggoda.

Mie Kocok kemudian disuguhkan dengan sawi, telur, dan lainnya. Bahkan, saat ini peminat mie kocok semakin banyak. Para penjualnya pun terus berinovasi, seperti misalnya dengan menambahkan daging atau bakso sehingga mirip dengan Mie Bakso atau juga Mie Ayam. bedanya, kuah dan telur yang ditambahkan menjadi ikonnya.

Mie Kocok juga termasuk makanan yang sehat karena tambahan telur dan sayurannya. Untuk Anda yang ingin menikmati makanan berprotein, Mie Kocok juga disuguhkan dengan tambahan daging. Selain rasanya yang gurih dan enak, Mie Kocok dijual dengan harga yang ekonomis.

Baca Juga : 7 Resep Masakan Sunda Sehari-hari yang Mudah dan Lezat 

5. Nasi Jamblang Daun Jati

nasi jamblang khas jawa barat
Nasi Jamblang

Mungkin tidak banyak orang yang tahu apa itu Nasi Jamblang Daun Jati dan seperti apa rasanya. Sekilas, Anda mungkin akan bertanya-tanya, apa istimewanya menu yang satu ini. Sebab, jika dilihat tampak seperti nasi biasa, tidak ada yang istimewa. Hanya ditambah dengan lauk dan disuguhkan dengan daun jati, itu saja. Akan tetapi, ada cerita unik yang membuat kuliner ini cukup mengundang rasa penasaran.

Kuliner ini asalnya dari Cirebon, bahkan sudah ada sejak jaman Belanda. Saat itu, Belanda tengah memerintah para masyarakat untuk membuat jalan raya Anyer ke Panarukan.

Pada jaman penjajahan BelAnda, Nasi dibuat oleh masyarakat Desa Jamblang. Mereka membungkus nasi dengan daun jati, kemudian dengan lauk tempe dan sayuran. Akan tetapi, para pedagang terus berinovasi. Hingga kini, Nasi Jamblang pun hadir dengan lauk yang cukup banyak, yaitu dengan pilihan 40 lauk. Luar biasa, bukan?

Menyuguhkan Nasi Jamblang juga cukup unik. Satu porsinya saja hanya disuguhkan dengan nasi yang sedikit. Kemudian, nasi ditumpuk dengan berbagai lauk sesuai selera. Sensasinya terasa berbeda karena menggunakan daun jati untuk membungkusnya. Aroma daun jati juga membuat nasi terasa lebih segar disantap.

6. Lepet Kuningan

makanan khas jawa barat
Lepet Kuningan

Lepet adalah salah satu jajanan tradisional yang begitu populer di Jawa. Biasanya, Lepet disuguhkan ketika hari-hari besar, seperti Idul Adha atau Idul Fitri. Salah satu lepet yang cukup populer di Jawa Barat adalah Lepet Kuningan. Tampilannya tampak kecoklatan dengan warna yang agak menguning.

Membuat Lepet Kuningan sama seperti Lepet lainnya yaitu dari ketan putih dan dibungkus dengan menggunakan daun kelapa. Bungkus kemudian diikat supaya ketan tidak berantakan. Lepet ini diisi dengan kacang dan juga dicampur dengan parutan kelapa. Rasanya memang hampir sama seperti Lepet lainnya yaitu gurih.

7. Makaroni Panggang

Makanan khas jawa barat Makaroni
Makaroni Panggang

Makaroni yang ada di Nusantara adalah cemilan untuk semua hal. Tidak hanya di Jawa lainnya, di Jawa Barat, Makaroni Panggang adalah salah satu kuliner yang populer. Makaroni Panggang ini cukup berbeda dibandingkan Makaroni yang lainnya. Sebab, kuliner asli Kota Bogor tersebut ternyata disuguhkan dengan cara dipanggang.

Makaroni Panggang juga disajikan dengan ukuran yang memanjang, berbeda dengan cara menyuguhkan makaroni yang lainnya. Kemudian, makaroni Panggang juga dibuat dengan cara yang berbeda. Hal ini disebabkan campuran keju yang ditabur diatasnya membuat citarasa yang enak, gurih, dan sedap.

8. Karedok

Resep Cara Membuat Karedok Bandung Praktis
Karedok Makanan Khas Jawa Barat

Rasanya kurang afdhol jika Anda berkunjung ke Jawa Barat tapi melewatkan Makanan khas sunda yang satu ini. Makanan ini dibuat dari berbagai bahan sayuran segar, kemudian disiram dengan bumbu kacang sebelum disuguhkan. Memang, sekilas terdengar mirip dengan Gado-gado atau pecel. Akan tetapi, tentu saja cara penyajian sayurnya juga berbeda. Sebab, Karedok menggunakan sayuran yang masih mentah.

Karedok disuguhkan dengan daun kemangi, tauge, kacang panjang, terong, dan juga kol. Semua jenis sayuran tersebut dipotong kecil-kecil lalu disajikan tanpa dimasak. Walaupun semua sayurannya mentah, tetap saja rasanya benar-benar menggoyang lidah. Bumbu kacang yang sudah dicampur cabai membuat kuliner ini begitu enak dan siapapun akan menyantapnya dengan lahap.

Anda tertarik membuat karedok untuk hidangan di rumah? berikut resep karedok 

9. Dorokdok

makanan khas jawa barat dorokdok
Dorokdok atau Kerupuk Kulit

Asal kuliner yang satu ini adalah kota Garut, jadi bukan hanya dodol saja yang ada di kota ini. Dorokdok adalah makanan yang dibuat dari kulit sapi. Makanan hewani khas jawa barat ini juga biasanya dibuat dari kulit kerbau.

Uniknya, nama Dorokdok diambil karena ketika Anda menyantap makanan tersebut, maka akan muncul suara ‘Dorok dok Dorok dok’ karena begitu renyahnya kerupuk yang Anda kunyah. Uniknya, kalau Anda menyantap Dorokdok dari kulit sapi, maka makanan akan terasa gurih dan renyah. Akan tetapi, jika yang Anda santap dari kulit kerbau, maka rasanya akan gurih dan manis. Unik, bukan?

Nah, itulah informasi tentang apa saja makanan khas jawa barat yang wajib Anda coba dan pasti bikin Anda ngiler karena citarasanya yang gurih dan sedap. Selamat liburan!

Leave a Reply