masakan solo sate
Sate Buntel

8 Daftar Makanan Khas Solo Yang Siap Bikin Perut Keroncongan

Posted on

Makanan Khas Solo – Solo atau juga yang dikenal sebagai kota Surakarta adalah salah satu kota di Indonesia yang cukup unik dan wajib Anda kunjungi. Memiliki luas 46 km persegi, Solo bukan hanya tempat dimana masyarakatnya yang ramah, budayanya yang masih kental, tapi juga memiliki makanan yang berharga miring dan enak, serta kulinernya yang cukup membuat perut keroncongan.

Ada banyak makanan khas Solo yang wajib Anda cicipi. Jika sudah berkunjung ke Solo namun melewatkan kuliner khas di kota tersebut tentu akan membuat Anda rugi.

Daftar Makanan Khas solo :

1. Nasi Liwet

makanan khas solo
Nasi Liwet

Makanan khas Solo ini memiliki reputasi yang cukup kuat dikalangan pecinta kuliner. Sepintas, Nasi Liwet hanyalah nasi hangat biasa. Namun nasi tersebut disuguhkan dalam pincuk daun pisang, kemudian ditambah dengan suwiran ayam, sayur labu siam, dan juga telur rebus. Kemudian, Nasi Liwet juga ditambah siraman santan kental yaitu areh, rasanya benar-benar gurih yang membuat Anda terus melahap sesuap demi sesuap.

Jika Anda berkunjung ke Solo, sebaiknya cobalah mampir ke Nasi Liwet Wongso Lemu. Tempat makan ini cukup ikonik walaupun harganya sedikit maha dibandingkan yang lain. Akan tetapi, banyak pengunjung yang mengaku bahwa Nasi Liwet di tempat tersebut masih menjadi juaranya. Lokasinya ada di Jalan Teuku umar, Keprabon, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah. Untuk harganya, per porsi Nasi Liwet bisa mencapai hingga 19,000 Rupiah.

Baca Juga : Resep Nasi Liwet Special

2. Serabi

makanan solo
Serabi Solo Notosuman

Serabi memang sudah dikenal di hampir seluruh pelosok Indonesia, akan tetapi kalau Anda ingin menikmati dimana citarasa Serabi yang asli, waktunya Anda meluangkan waktu sejenak berkeliling Solo.

Serabi Notosuman misalnya, sebuah tempat yang sudah ada untuk para pelanggannya sejak tahun 1920 ini masih tetap ramai hingga saat ini. Hal ini dikarenakan tempat kuliner tersebut masih mampu menjaga resep rahasia warisan leluhur dengan citarasanya yang manis dan lembut jadi satu.

Bahkan, Anda bisa menyaksikan langsung bagaimana membuat serabi tersebut dengan cara manual. karena peminatnya yang selalu membludak, antrean panjang yang harus Anda tempuh tidak akan membuat Anda merasa rugi.

Letak Serabi Notosuman ada di Jalan Muhammad Yamin No.38, Jayengan, Serengan, Surakarta, Jawa Tengah. Harganya sendiri cukup murah yaitu hanya 1.800 Rupiah per porsi. Murah banget, kan?

3. Selat Solo

makanan khas solo
Selat Solo

Makanan khas Surakarta selanjutnya adalah Selat Solo. Disebut Selat Solo karena hidangan khas Jawa ini sedikit terpengaruh Eropa. Warung Selat Mbak Lies bisa menjadi tujuan wisata kuliner Anda jika Anda penasaran dengan makanan khas dari Solo ini.

Walaupun lokasi wisata kuliner tersebut tersembunyi, sesampai di warungnya Anda akan disambut dengan interior yang tak biasa. Selain dapat menikmati sup yang lengkap dengan tomat, buncis, wortel, acar, bawang goreng, kentang goreng, telur pindang, sayur mayones, hidangan juga masih ditambah dengan potongan daging bistik. Apakah Anda bisa membayangkan bagaimana rasanya?

Langsung saja, Anda menuju ke Warung Selat Mbak Lies yang letaknya di Jalan Veteran, Gang II No.42, Serengan, Surakarta, Jawa Tengah. Harga yang ditawarkan adalah sekitar 16.000 Rupiah per porsi. Sampai saat ini, warung tersebut yang masih direkomendasikan oleh netizen dan para traveler yang sudah sering mampir di Solo.

4. Timlo

makanan khas solo
Timlo Solo

Berkunjung ke Solo jangan sampai tidak menyantap Timlo. Untuk menikmati citarasa Timlo terbaik, Anda bisa berkunjung ke Warung Timlo Solo Sastra, tepatnya di wilayah Pasar Gede. Tempat kuliner soto tersebut menawarkan citarasa sup yang begitu segar yang membuat Anda tidak bisa berhenti menyantap sesuap demi sesuap.

Sebaiknya, Anda juga menyantap seluruh materi soto yang ada didalamnya, yaitu mie soun, potongan sosis, suwiran ayam, wortel, irisan telur dan lainnya. Anda bahkan dapat menambahkan telur dadar dan juga irisan hati ayam, kemudian disiram dengan kuah kaldu yang masih panas. Aroma jadi semakin sedap ketika Anda menamburkan bawang goreng. Tentu saja, perut bakalan langsung keroncongan melihat sajian ini didepan mata.

Warung Timlo Solo Sastro menawarkan paket hemat yaitu hanya 7,000 Rupiah untuk per porsi dan juga paket lengkap yaitu 18,000 Rupiah. Lokasi warung tersebut tepatnya di Jalan Kapeten Mulyadi No.8, Sudiroprajan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah.

5. Sate Buntel

makanan khas solo
Sate Buntel

Banyak yang bilang kalau Sate Buntel merupakan salah satu makanan favorit presiden kedua Indonesia, Soeharto. Bahkan, Presiden Joko Widodo juga cukup ngefans dengan makanan khas solo yang satu ini. sate ini banyak yang menyukainya karena dibuat dari daging kambing cacah. Kemudian, daging dibungkus dengan lapisan lemak tipis sebelum dibakar.

Lemak pembungkusnya itulah yang menambah citarasa dan aroma, sehingga perut langsung keroncongan begitu mencium aromanya. Sate juga disuguhkan dengan bumbu kecap, daun kol, irisan bawang merah, cabe rawit, serta jeruk nipis yang membuat citarasanya semakin kuat dan sayang dilewatkan.

Salah satu tempat kuliner Sate Buntel yang paling lezat adalah Sate Buntel Mbok Galak. Letak warung tersebut ada di Jalan Ki Mangun Sarkoro No.112, Sumber, Banjarsari, Banyuanyar, Sumber, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah. Harga yang ditawarkan per porsi adalah 35.000 Rupiah dengan dua tusuk sate Buntel.

6. Tengkleng

masakan solo sate
Sate Buntel

Makanan khas Solo selanjutnya yang wajib Anda coba adalah Tengkleng. Tempat yang paling pas untuk menikmati kuliner tersebut adalah Warung Tengkleng Bu Edi. Tengkleng sepintas mirip seperti gulai namun memiliki kuah yang lebih encer dengan tambahan tulang kambing dan juga dagingnya yang sedikit melekat. Citarasanya begitu nikmat karena tengkleng disajikan diatas pincuk. Rasanya benar-benar mantap apalagi ketika Anda menyeruput kuahnya langsung dari pincuk.

Baca Juga : Resep masakan Daging Sapi Istimewa

Lokasi tempat makan Tengkleng Klewer Bu Edi terletak di Pasar Klewer Solo, Jalan Doktor Radjiman, Gajahan, Pasar Kliwon, Kauman, Ps. Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah. Harga yang ditawarkan per porsinya adalah 25.000 Rupiah.

7. Makanan Khas Solo Brambang Asem

makanan khas solo brambang
Brambang Asem

Kuliner yang satu ini adalah makanan khas solo yang membawa Anda pada masa dulu. Brambang asem adalah kuliner yang dibuat dari daun ubi jalar. Daun tersebut direbus dengan aroma bawang merah ditambah citarasanya yang pedas. Kemudian, Anda dapat menyantapnya dengan tempe gembus, yaitu tempe yang dibuat dari ampas tahu.

Brambang asem ini bukan makanan utama. Ya, kuliner ini adalah kuliner camilan yang membuat hari Anda semakin lengkap ketika berkunjung di kota Solo.
Salah satu lokasi kuliner Brambang Asem yang tidak akan membuat Anda kecewa adalah warung Yu Sum (Pasar Gede), yaitu di Pasar Gede

Hardjonagoro, Jl. Jend. Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah. Disana, Anda dapat menyantap satu porsi Brambang Asem hanya dengan membayar Rp 3,000 saja.

8. Lenjongan

makanan khas solo
Lenjongan

DI lokasi warung Yu Sum tersebut Anda juga dapat mencicipi Lenjongan. Enak bukan jika dalam satu tempat Anda dapat mencicipi dua makanan khas Solo sekaligus? Lenjongan adalah jajanan tradisional khas Solo yang merupakan gabungan dari tiwul, ketan putih, gethuk, ketan hitam, sawut, klepon, dan juga cenil.

Citarasanya yang manis membuat banyak yang jatuh hati dengan jajanan tersebut. Untuk harganya, Anda dapat menikmati satu porsi Lenjongan hanya dengan membayar Rp 4,000 saja.

Itulah berbagai daftar makanan khas Solo yang pasti akan membuat perut Anda semakin keroncongan begitu melihat makanan yang Anda inginkan siap disajikan. Selamat berwisata!

Leave a Reply