resep biji ketapang
Kue Biji Ketapang

6 Resep Kue Tradisional Ngangenin Menyambut Hari Lebaran

Posted on

Ketika hari raya tiba biasanya kita akan pulang kampung atau mudik ke rumah orang tua kita. Di tanah kelahiran ini Anda pasti bernostalgia melepas kangen dengan orang tua dan keluarga besar. Hidangan tradisional akan melengkapi rasa kangen kita sehingga terbayng masa kecil yang membahagiakan. Anda pun bisa mengembalikan masa bahagia itu dengan membuat masakan-masakan tradisional.

Biasanya hidangan tradisional lebaran lebih sehat dibandingkan kue-kue modern saat ini karena tanpa menggunakan zat pengawet dan bahan pemanis atau pewarna buatan. Inilah yang menyebabkan peminat makanan tradisional tetap banyak walaupun trend kue modern semakin merebak. Selain sehat dan lezat dijadikan sebagai teman minum teh atau kopi, kue tradisional ini juga kerap digunakan sebagai hidangan ketika hari raya idul fitri  atau acara-acara besar tertentu.

Pada kali ini kami akan membawakan resep kue kering kacang, kacang bawang, kue biji ketapang, kue wajik gula jawa, kue timphan dan manisan buah pepaya. Berikut adalah resep kue tradisional pertama :

1. Resep Kue Kering Kacang Sederhana Untuk Hidangan Spesial Lebaran

Kue kering kacang kacang – Kue ini memang sangat nikmat untuk dijadikan camilan. Kue kacang memiliki tekstur yang lembut, renyah dan gurih. Kue kacang memang camilan tradisional yang sudah ada sejak dulu dan banyak orang yang suka dengan kue kacang ini. Mungkin Anda juga salah satunya? Tak hanya cocok dijadikan camilan sehari – hari, kue kering kacang juga sangat spesial untuk dijadikan hidangan di waktu lebaran.

Anda bisa buat kue kering kacang dalam jumlah yang besar untuk hidangan lebaran. Dan membuatnya juga sangat mudah dan tidak butuh waktu lama kecuali Anda membuat dalam jumlah yang besar Lalu, bagaimana cara membuat kue kering kacang dan apa saja bahan – bahan yang dibutuhkan? Berikut informasi lengkapnya untuk Anda!

resep kue kering kacang
Kue Kering Kacang

A. Bahan – bahan kue kering kacang sederhana untuk hidangan spesial lebaran

  • Kacang tanah sebanyak 200 gram. Pilih yang berkualitas baik.
  • Tepung terigu sebanyak 200 gram.
  • Gula pasir halus atau gula tepung sebanyak 75 gram.
  • Garam sebanyak 1/8 sendok teh.
  • Minyak goreng sayur sebanyak 125 mililiter.
  • Kuning telur ayam sebanyak 1 butir. Digunakan hanya u mengoles permukaan adonan kue setelah dicetak.
  • Kenari yang telah dicincang sebanyak 25 gram. Digunakan sebagai taburan di atas kue.

B. Cara membuat kue kering kacang sederhana untuk hidangan spesial lebaran

  1. Pertama – tama Anda sangrai kacang tanah sampai berwarna kecoklatan sempurna dan Anda pastikan tidak ada kacang yang mentah. Jadi ketika Anda sangrai Anda harus terus mengaduknya. Pastikan juga tidak gosong karena hal ini akan membuat kue terasa pahit. Setelah selesai disangrai, Anda pisahkan kulit kacang dan kemudian haluskan, bisa dengan cara ditumbuk atau diblender. Pastikan supaya menjadi halus seperti bubuk.
  2. Setelah jadi, kacang tanah bubuk tersebut Anda campur dengan bahan lain seperti tepung terigu, gula pasir halus, dan juga garam. Kemudian Anda aduk merata. Selanjutnya Anda masukkan minyak goreng secara perlahan dan kembali aduk sampai membentuk adonan yang sempurna.
  3. Langkah selanjutnya Anda bentuk adonan sesuai selera Anda.
  4. Setelah Anda bentuk simpan adonan tersebut pada sebuah loyang yang sebelumnya telah Anda olesi dengan margarin.
  5. Kemudian pada permukaan adonan yang telah dibentuk, Anda olesi dengan kuning telur yang sebelumnya telah Anda kocok.
  6. Sentuhan terakhir adalah Anda taburkan kacang kenari diatas adonan yang telah berbentuk.
  7. Panggang di oven kurang lebih 150 derajad celcius selama 25 menit.
  8. Setelah matang, Anda dinginkan dulu dan baru Anda simpan didalam toples agar tidak melempem.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi yang kami berikan diatas mengenai Resep Kue Kering Kacang Sederhana Untuk Hidangan Spesial Lebaran bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca juga  Resep Kue Kering Susu Nan Lezat dan Sehat Untuk Sang Buah Hati

2. Cara Membuat Kacang Bawang Empuk Gurih

Resep membuat Kacang Bawang Empuk Gurih – Salah satu camilan favorit keluarga Indonesia adalah kacang bawang. Kacang bawang selain cocok sebagai camilan di kala santai, juga biasanya dibuat untuk suguhan di hari Raya. Rasanya yang gurih dan empuk membuat kacang bawang memang disukai semua usia, dari anak-anak hingga dewasa. Salah satu hal yang bisa membuat kacang bawang ini menjadi salah satu camilan favorit keluarga adalah karena cara membuatnya yang terbilang relative mudah.

Namun, walaupun cara membuat camilan ini relative mudah, banyak yang masih gagal dalam membuatnya, biasanya keras atau tidak empuk. Banyak yang menjadi faktor penyebab salah satunya adalah salah memilih kualitas kacang, juga tergantung pada kualitas minyak gorengnya. Sebelum membuat Kacang Bawang gurih, berikut ini ada beberapa bahan yang perlu anda siapkan terlebih dahulu.

resep kacang bawang
Kacang Bawang

A. Bahan – bahan kacang bawang empuk :

  • Kacang tanah 1 Kg
  • Santan kelapa2 gelas atau 400 ml
  • Bawang putih 4 siung
  • Garam secukupnya.

B. Cara membuat kacang bawang empuk:

  1. Jika anda memilih kacang tanah yang masih ada kulit merahnya, maka hal yang harus anda lakukan adalah dengan merendamnya dulu 10 menit dengan air panas.
  2. Setelah 10 menit, remas perlahan – lahan hingga mengelupas kulit merahnya.
  3. Sementara itu, anda bisa mengambil wadah lain, dan menuangkan santan kelapa lalu aduk-aduk dengan ditambahkan garam.
  4. Rendam selama 25 menit kacang tanah yang tadi dibersihkan kedalam santan.
  5. Setelah tadi direndam, lalu tiriskan kacang tanahnya
  6. Iris tipis bawang putih yang tadi disediakan
  7. Goreng kacang yang direndam tadi ke dalam minyak yang panas namun tetap dengan api sedang.
  8. Selama penggorengan, masukan pula irisan bawang putih. Dan irisan bawang putih ini dibagi rata, agar setiap penggorengan kacang bisa kebagian irirsan bawang putih semua.
  9. Setelah kuning kecoklatan, maka angkat dan tiriskan. Kacang bawang empuk dan gurih sudah bisa di sajikan.

Demikian resep cara membuat kacang bawang empuk dan gurih, bagaimana, mudah bukan. sebagai tips nya gunakan minyak goreng dan kacang tanah berkualitas baik, agar hasil kacang bawang pun akan berkualitas. Selamat mencoba.

3. Resep Kue Biji Ketapang Manis, Gurih dan Renyah

Resep Kue Biji Ketapang Manis, Gurih dan Renyah – Kue kering satu ini menjadi favorit sebagian besar masyarakat Indonesia. Rasanya yang gurih dan manis membuat penggemar kue biji ketapang kian banyak. Kendati namanya kue biji ketapang namun bahan dasar pembuatannya tidak menggunakan biji ketapang. Melainkan tepung terigu dengan campuran kelapa parut. Bentuknya yang mirip biji buah ketapang membuat kue kering ini dinamakan kue biji ketapang. Biasanya kudapan satu ini disajikan di momen spesial.

Seperti acara hajatan, lebaran dan hingga suguhan para tamu. Anda pun bisa menghidangkan kue kering ini sebagai teman minum kopi. Jika bosan dengan kue kering atau biskuit, tidak ada salahnya mencoba kue biji ketapang ini sebagai alternatif. Bahan yang diperlukan tidak se-kompleks membuat kue kering atau biskuit. Proses memasak kue ini dengan cara digoreng. Agar teksturnya tetap renyah simpan kedala toples kedap udara. Berikut proses selengkapnya untuk membuat kue biji ketapang yang bisa anda coba.

resep biji ketapang
Kue Biji Ketapang

A. Bahan-bahan:

  • Tepung terigu serba guna 500 gram
  • Tepung sagu 150 gram
  • Gula pasir 200 gram
  • Tepung maizena 100 gram
  • Kelapa parut sangrai 250 gram
  • Vanilli ½ sendok teh
  • Mentega 100 gram
  • Telur 2 butir
  • Santan kental siap pakai 250 ml
  • Garam ½ sendok teh
  • Minyak untuk menggoreng

B. Cara Membuat Kue Biji Ketapang:

  1. Campurkan semua bahan tepung seperti maizena, tepung terigu, tepung sagu hingga merata. Tambahkan kelapa sangrai dan garam. Maksimalkan rasa dengan vanilli dan aduk semua adonan hingga rata.
  2. Panaskan santan hingga mendidih sembari diaduk. Masukan mentega dan aduk terus hingga mentega benar-benar cair. Sisihkan campuran mentega tersebut.
  3. Buat lubang ditengah adonan tepng dan masukan telur. Aduk dengan spatula atau sendok kayu. Tambahkan rebusan santan dan mentega dan aduk semua hingga kalis.
  4. Pisahkan adonan menjadi beberapa bagian dan gilas hingga agak pipih dengan ketebalan 1 cm. Potong memanjang dengan lebar 1 ½ cm. Gunting adonan dengan posisi miring dan taburi dengan tepung agar tidak lengket.
  5. Goreng adonan dengan minyak panas hingga kuning keemasan. Tiriskan diatas tissue khusus makanan untuk mengurangi kadar minyak. Jika kue sudah dingin masukan kedalam toples.
    Kue Biji Ketapang Manis sudah siap disajikan. Pastikan tersimpan di wadah kedap udara agar teksturnya tetap renyah.
Baca juga  Resep Masakan Komplit Untuk Kesehatan Keluarga

4. Resep Kue Wajik Gula Jawa Legit

Resep Membuat Kue Wajik Gula Jawa Legit – Kue tradisional khas Jawa Tengah ini merupakan salah satu sajian dengan cita rasa legit dan pulen. Bahan dasarnya berupa beras ketan yang dimasak dengan gula jawa. Alhasil cita rasa yang legit sangat terasa pada sajian kue wajik ini. Walaupun trend kue modern semakin merebak namun peminat kue wajik ini tetap banyak. Selain lezat dijadikan sebagai teman minum teh atau kopi, kue wajik gula jawa ini juga kerap digunakan sebagai hidangan ketika upacara adat atau acara-acara besar tertentu.

Bahkan di beberapa daerah pedesaan di Jawa Tengah, kue wajik kerap disajikan sebagai sajian ketika Idul Fitri. Membuat kue berbahan beras ketan ini sangat mudah. Santan dan daun pandan menambah cita rasa adonan kue. Proses membuat kue wajik ini memang memerlukan kesabaran. Meskipun sederhana namun kesabaran dalam menguleni adonan agar tidak gosong sangat diperlukan. nah, berikut ulasan selengkapnya untuk membuat kue wajik gula jawa legit.

resep wajik gula jawa
Kue Wajik Gula Jawa

A. Bahan-bahan :

  1. Santan 500 ml
  2. Beras ketan 400 gram
  3. Gula pasir 50 gram
  4. Gula merah 100 gram
  5. Daun pandan 1 lembar
  6. Garam 1 sendok teh
  7. Daun pisang secukupnya

B. Cara Membuat Kue Wajik Gula Jawa :

  1. Cuci bersih beras ketan terlebih dulu dan rendam selama 20 menit. Setelah 20 menit tiriskan hingga kering. Kukus beras selama 15 menit kemudian angkat.
  2. Sembari menunggu beras ketan masak, masak gula merah dan gula pasir hingga mencair. Saring keduanya dan masukan ke dalam rebusan santan. Tambahkan daun pandan ke dalam rebusan santan dan gula. aduk hingga merata.
  3. Masukan beras ketan yang telah dikukus kemudian aduk terus hingga santan habis dan adonan tidak berair lagi.
  4. Siapkan loyang atau tampah besar dan alasi dengan daun pisang. Tuang adonan wajik diatas loyang atau tampah. Tekan-tekan dan biarkan dingin.
  5. Setelah dingin, potong wajik sesuai selera. Wajik gula jawa legit siap dihidangkan.
    Itu dia cara membuat kue wajik gula jawa yang bisa anda coba buat di rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

5. Resep Cara Membuat Timphan Khas Aceh Yang Lezat

Resep Cara Membuat Timphan Khas Aceh Yang Lezat – Kue timphan memang cukup terkenal di belahan bumi Indonesia bagian paling ujung sumatera atau lebih di kenal oleh propinsi aceh serambi mekkah. Ya makanan sepeeti timphan ini adalah makanan tradisional khas banda aceh yang cukup dikenal enak rasanya kala di makan. Makanan yang sepertiini patut kita kembangkan terus untuk generasi muda yang akan datang agar kue yang lezat ini takkan hilang.

Timphan memang cukup spesial sebagai cemilan kala berbuka puasa karena makanan yang satu ini cukup gurih dan manis yang emmang di anjurkan untuk berbuka puasa. Nah untuk anda yang emmang oenasaran untuk mencobanya tentu saja anda bisa kok saat anda pas berwisata ke aceh jangan lupa anda mampir untuk mencoba makanan yang satu ini. Namun jika anda ingin bisa membuatnya dirumah anda juga tak perlu kawatir untuk resepnya karena kami akan berikan resep spesialnya untuk anda. Oke, berikut ini resep selengkapnya tentang Resep Cara Membuat Timphan Khas Aceh Yang Lezat

Baca juga  Resep Kue Nastar Nanas Manis Gurih Untuk Hari Raya Nan Fitri
resep timphan
Kue Timphan Aceh

A. Bahan-bahan/bumbu-bumbu.

Bahan Isi :

  • 4 buah mata nangka, potong kotak kecil
  • daun pisang muda untuk membungkus
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok teh tepung terigu protein sedang
  • 3 butir telur, dikocok lepas
  • 100 gram gula pasir
  • 75 gram kelapa parut kasar
  • 75 ml santan dari 1/4 butir kelapa

Bahan Kulit :

  • 175 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 1/2 sendok teh garam
  • 3 buah pisang raja buluh, blender
  • 300 gram tepung ketan

B. Langkah dan Cara Membuat Timphan Khas Aceh :

  1. Yang harus dilakukan pertama-tama adalah campur semua bahan isi, kecuali nangka.  Dan masak di atas api kecil sambil diaduk sampai setengah kental. Dan tambahkan nangka. Lalu aduk sampai kental.
  2. Dan blender pisang raja dan sebagian santan sampai halus. Kemudian masukkan tepung ketan, dan garam, dan sisa santan. Lalu uleni sampai kalis.
  3. Dan ambil adonan kulit, pipihkan, dan beri isi. Lalu bungkus dengan daun pisang. Oke bungkus pepes. Dan sematkan dengan lidi.
  4. Lalu kukus di atas api sedang 15 menit sampai matang.

Demikianlah tadi sajian resep spesial khas nusantara yang dapat kita bagikan pada kesempatan kali ini, sebuah resep jajanan khas dari aceh. Semoga Resep Cara Membuat Timphan Khas Aceh Yang Lezat dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk anda dalam berkreasi di dapur. Selamat mencoba!!.

6. Resep Membuat Manisan Buah Pepaya Enak

Resep Membuat Manisan Buah Pepaya Enak – Jika anda bosan dengan memakan secara langsung buah pepaya, dan ingin mengawatkannya agar bisa tahan lama, maka anda bisa mencoba resep manisan buah pepaya ini. Manisan buah pepaya memang salah satu favorit masyarakat Indonesia. Karena pada dasarnya memang buah pepaya ini sendiri memang sangat mudah ditemukan serta sangat mudah dalam mengolahnya menjadi manisan.

Selain itu, manisan buah pepaya ini juga sangat cocok dihidangkan pada saat terik siang matahari, atau juga sebagai menu takjil buka puasa. Khasiat dari manisan buah pepaya ini bisa menambah nafsu makan. Tidak memerlukan waktu lama, serta tidak juga memerlukan bahan-bahan yang ribet untuk membuat manisan pepaya yang enak. Berikut ini adalah resep membuat manisan pepaya enak yang bisa anda coba di rumah.

cara membuat Manisan Peya
Manisan Pepaya

A. Bahan bahan

  1. Pepaya mengkal 2 buah
  2. Kapur sirih 60 gram
  3. Gula pasir 2 kg gula pasir
  4. Garam halus 5 sendok makan
  5. Air secukupnya.

B. Cara membuat manisan pepaya

  1. Kupas, belah dua buah pepaya serta buang bijinya. Iris tipis-tipis buah pepaya dan juga rendam dengan air larutan kapur sirih sebanyak 15 liter.
  2. Diamkan hingga beberapa jam, supaya pepaya mengeras.
  3. Setelah itu, angkat pepaya yang sudah dicuci tadi dan tiriskan hingga benar-benar kering.
  4. Rebus buah pepaya ke air mendidih selama 5 menit. lalu angkat dan tiriskan.
  5. Rebus larutan gula pasir ke air sebanyak 2 liter ke dalam api sedang, lalu masukan pepaya yang sudah direbus tadi, aduk dan diamkan hingga 1 jam.
  6. Setelah itu, angkat panci dan matikan api.
  7. Manisan pepaya sudah siap untuk disajikan.
  8. Jika anda ingin membuat manisan pepaya kering, maka anda bisa langsung menjemur pepaya yang tadi direbus 2 hingga 3 hari dibawah terik matahari.
  9. Untuk menjaga cita rasa dari manisan pepaya, anda bisa memasukannya ke dalam toples, dan siap dinikmati saat buka puasa atau kapanpun.

Demikian resep membuat menisan buah pepaya enak yang bisa anda coba di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply