masakan khas lombok
Ayam Bakar Taliwang

5 Makanan Khas Lombok Yang Murah, Dan Lezat

Posted on

5 Makanan Khas Lombok Yang Murah, Lezat Dan Menggugah Selera – Makanan khas Lombok sayang jika Anda lewatkan. Apalagi, Lombok pernah menyabet penghargaan International World Halal Travel Award tiga tahun silam. Untuk Anda yang akan segera berkunjung ke Lombok, berikut beberapa menu khas Lombok yang harus Anda coba.

1. Plecing Kangkung

masakan khas lombok
Plecing Kangkung

Apakah Anda pernah mendengar menu kuliner yang satu ini? Ya, Plecing Kangkung adalah salah satu Makanan khas Lombok yang diolah dari kangkung, tanaman air. Makanan ini begitu populer. Bahkan, Anda bisa mencari menu tersebut di berbagai rumah makan di Lombok. Itulah mengapa akan terasa tidak lengkap jika Anda mampir ke Lombok tapi melewatkan kuliner khasnya yang satu ini. Selain sehat, Plecing Kangkung juga mendukung kesuburan, terutama jika ditambah dengan tauge. Rasanya jadi semakin nikmat ketika ditambah dengan taburan kacang goreng.

2. Ayam Taliwang

masakan khas lombok
Ayam Bakar Taliwang

Sebaiknya, Anda juga tidak melewatkan menu Makanan khas Lombok yang juga sudah terdengar gaungnya di seluruh penjuru Lombok. Untuk Anda yang doyan makan pedas, menu yang satu ini benar-benar akan membuat Anda ketagihan. Selain rasanya yang maknyus, aroma ayam bakarnya juga kemana-mana. Tidak hanya dibakar, Anda juga bisa memesan ayam yang digoreng untku menu tersebut.
Selain itu, menu ini disuguhkan dengan menggunakan ayam kampung, terutama yang berusia muda. Tidak heran jika dagingnya begitu empuk di mulut. Bahkan, dagingnya benar-benar mudah terlepas dari tulangnya. Saking enaknya, tidak sedikit pelancong dari Jakarta yang membawa menu tersebut sebagai Oleh oleh khas Lombok terutama jika hanya mampir di Lombok dan langsung pulang.

Baca Juga : Resep Cara Membuat Ayam Bakar Taliwang Maknyuss

3. Sate Bulayak

sate bulayak lombok
Sate Bulayak

Pernah makan sate Bulayak? Kalau belum, waktunya Anda coba saat berkunjung ke Lombok dalam beberapa pekan kedepan. Memang, nama makanan yang satu ini tidak begitu populer, tapi rasanya sedikit mirip dengan sate Madura. Alasan mengapa Makanan khas Lombok ini cukup unik adalah pembungkus lontongnya adalah daun aren. Lontong dibungkus dengan bentuk spiral. Sehingga, Anda harus membukanya mengikuti lipatan daun aren tersebut. Unik, bukan? Bukan hanya itu, sate ini dibuat dengan bahan daging sapi, kemudian dicampur dengan sambal Khas ala suku Sasak. Untuk menyantap menu tersebut, maka Anda harus menggunakan garpu atau sendok. Bagaimana? Penasaran, kan?

4. Nasi Balap Puyung

makanan khas lombok
Nasi Balap Puyung

Nama makanan ini cukup unik, namun alasan mengapa Anda harus mencicipi kuliner yang satu ini adalah rasanya yang pedas dan menggugah selera. Bahkan, Anda tidak akan segan untuk menambah porsinya. Nasi Balap Duyung disuguhkan dengan tambahan topping ayam suwir. Kemudian, masih ditambah dengan kacang kedelai, cabai, abon, rebon kering yang ditabur, dan juga lauk belut. Semua tambahan tersebut sudah sepaket. Rasanya yang gurih bakalan membuat Anda merasa kangen jika sudah meninggalkan Lombok.

5. Ares

masakan khas lombok
Sayur Ares

Terakhir, Makanan khas Lombok ini wajib Anda coba walaupun Ares adalah pelepah pisang. Sekilas, mungkin Anda akan kesulitan membayangkan bagaimana mengolah pelepah pisang menjadi makanan yang begitu populer. Pelepah pisang yang digunakan untuk kuliner yang satu ini adalah pelepah yang muda dan tidak ada sensasi pedas sama sekali. Pelepah pisang kemudian diolah bersama santan dan dijadikan sebagai pendamping nasi. Rasanya didominasi dengan citarasa yang gurih dan manis. Biasanya, makanan ini selalu menjadi andalan Suku Sasak Asli untuk melengkapi berbagai acara pernikahan.

Nah, itulah beberapa daftar makanan khas yang ada di Lombok dan wajib Anda coba. Mana yang menurut Anda paling menggugah selera? Selamat liburan dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply