Resep Masakan Melayu Yang Tak Lekang Waktu



Resep Masakan Melayu yang Tak Lekang Waktu – Jika kita berbicara mengenai masakan melayu pasti Anda akan terbayang masakan khas yang tiada duanya dengan cita rasa kaya rempah dipadu dengan gurihnya santan yang menggugah selera. Masakn melayu sejatinya adalah sebutan bagi masakan yang berasal dari etnis melayu yang menempati wilayah Indonesia bagian Sumatera dan sebagian daerah Kalimantan terutama Kalimantan Barat, Malaysia, Brunei Darusalam, Singapura, Thailand bagian selatan, sampai sebagian negara Filipina. Resep masakan melayu yang ada pada daerah-daerah tersebut sangat terkenal karena berbagai keunikan dan kekhasannya masing-masing.

Bahan Resep Masakan Melayu Yang Tak Lekang Waktu

Semua cita rasa yang disajikan dari resep masakan melayu selalu kaya rempah. Hal ini yang sudah menjadi ciri khas masakan sedap melayu. Banyaknya jenis dan jumlah rempah yang digunakan membuat kita para menikmatnya tidak pernah bosan. Satu bahan lagi yang penting dalam tiap resep masakan melayu, apalagi jika bukan santan. Karakter creamy dan kuah kental khas melayu ini didapat dari adanya santan sebagai bahan pembuatnya. Selain itu, sammbal khasnya juga tidak boleh ketinggalan. Karena sambal merupakan salah satu pemberi nyawa pada tiap masakan Indonesia, tidak hanya masakan melayu, tetapi juga berbagai masakan khas Indonesia lainya.

Anda bisa juga mencoba resep masakan melayu untuk variasi menu hidangan di rumah. Pasti akan sangat menyenangkan ya jika kita bisa membuatnya apalagi jika masakan kita nantinya disukai oleh keluarga. Pasti membuat kita semangat untuk terus memberikan masakan yang sedap tiap harinya. Gulai adalah salah satu masakan khas melayu yang sedap dan dapat kita praktekan di rumah. Terdapat berbagai macam gulai khas melayu, namun yang paling sedap adalah gulai ikan dan gulai udangnya. Ada dua resep gulai yang akan kita berikan di sini. Yuk kita pelajari 2 resep masakan melayu sedap ini bersama.

Resep Masakan Melayu Mudah Praktis

1. Gulai Ikan Patin Asam Pedas

Bahan Resep Gulai Ikan Patin Asam Pedas

Bahan:

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat jenis gulai satu ini yang utama tentu saja ikan patin.


Advertisement

  • sediakan ikan patin 1 kg
  • belimbing wulung 1ons
  • tomat yang sudah diiris 1 buah
  • minyak goreng 2 sendok makan
  • daun kunyit 1 lembar
  • daun jeruk 3 lembar
  • lengkuas yang dimemarkan 1 ruas jari
  • serai 1 batang
  • air 2 gelas belimbing atau sesuai selera.

Selain bahan pokok, ada juga bumbu halus yang terdiri dari cabai merah 1 ons, bawang merah 5 siung, bawang putih 5 siung, serta jahe 1 ruas jari.

Langkah membuat:

  • Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghaluskan semua bumbu. Anda dapat menggunakan blender atau penggiling bumbu untuk cara yang mudah atau menggunakan cara tradisional dengan menumbuknya.
  • Bumbu yang telah halus tersebut kemudian ditumis menggunakan minyak. Jika sudah berbau harum, masukan daun kunyit, daun jeruk, lengkuas, dan sereh. Masak sebentar sampai layu, kemudian masukan air dan masak sampai mendidih. Setelah endidih, Anda dapat memasukan ikan patin yang sudah dipotong sesuai selera dan belimbing wuluh. Masak sampai matang, kemudian kecilkan api, masukan irisan tomat, kemudian angkat. Gulai patin sedap siap disantap.

2. Gulai khas Riau, Gulai Belacan

Informasi Resep Masakan Gulai Belacan Khas Riau

Bahan:

Bahan utama untuk membuat gulai balacan adalah udang. Anda bisa menyiapkan bahan di bawah ini:

  • udang pancet sebanyak 10 ekor yang sudah dibersihkan
  • 1 sendok makan air asam jawa
  • 1 keris / 1 papan petai kemudian kupas dari kulitnya
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1/2 liter santan
  • 1/2 sendok teh lada
  • serta 3 sendok makan minyak goreng.

Ada juga bahan yang perlu Anda haluskan, diantaranya adalah 6 siung bawang merah, 6 butir kemiri, 4 buah bawang putih, 6 buah capai merah, serta 6 buah cabai rawit.

Langkah membuat:

  • Pertama-tama Anda bisa memanaskan minyak dan mulai menumis bumbu halus hingga tercium bau harum khas yang menandakan bumbu sudah matang. Jika sudah tercium bau harusm, Anda bisa memasukan udang dan memasaknya hingga warna udang berubah menjadi orange kemerahan.
  • Setelah warna udang berubah, Anda bisa memasukan santan, gula pasir, air asam jawa, lada, dan garam. Masak dengan terus mengaduk secara perlahan sampai matang untuk menjaga santan tidak pecah. Jika santan sudah mengental dan bahan sudah matang, Anda bisa memasukan petai dan aduk hingga merata. Angkat masakan dan gulai Balacan pun siap dihidangkan.

Baca juga untuk : 2 Resep Masakan Ringan Berbahan Telur Untuk Sarapan

Demikianlah 2 resep gulai nikmat yang dapat Anda coba di rumah. Menarik dan cukup mudah bukan untuk membuat kedua resep masakan melayu tersebut? Memang jika kita lihat dari bahan yang dibutuhkan kedua resep masakan melayu ini membutuhkan banyak rempah dalam masakannya bukan? Hal ini lah yang membuat masakan ini tidak berbau amis dan tidak membuat enek walaupun mengandung santan yang cukup kental. Rempah-rempah menyeimbangkan rasa dan membuat masakan menjadi nikmat dan lezat. Selamat mencoba!