Resep Masakan Jawa Tradisional Khas Dari Jogja



Resep Masakan Jawa Tradisional Khas Dari Jogja – Masakan tradisional Indonesia sangat beragam dan hampir tiap daerah memiliki makanan khasnya masing-masing. Kekayaan kuliner ini sekaligus menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang menjadikan banyaknya wisatawan yang datang berkunjung ke suatu daerah di Indonesia, mulai dari wisatawan domestik hingga mancanegara. Salah satunya adalah masakan dari Pulau Jawa. Dari ujung Jawa Barat hingga Jawa Timur, kita bisa menemukan aneka ragam makanan daerah. Mulai dari yang berbahan dasar sayur, buah, daging hingga tepung dan cara memasak seperti digoreng, dipanggang hingga dikukus, semuanya lengkap tersedia serta dapat ditemukan dengan mudah. Resep masakan Jawa tradisional ini bisa didapatkan di warung makan hingga restoran berbintang.

Salah satu daerah yang terkenal akan masakan khasnya adalah Jogja. Kota yang terletak di Jawa Tengah ini sekaligus menjadi salah satu destinasi wisata terfavorit di Pulau Jawa. Keunikan Kota Jogja terutama terletak dari budayanya yang khas, wisata alam hingga wisata sejarah yang beragam hingga tentunya aneka kuliner kebanggaan yang sayang untuk dilewatkan. Selama ini mungkin kita hanya mengenal kuliner asal Jogja sebatas angkringan, yaitu tempat makan dengan menggunakan gerobak yang umum ditemukan pada sore hingga malam hari. Selain angkringan yang sederhana namun menjadi ikon dari Jogja tersebut, masih ada resep masakan Jawa tradisional lain yaitu soto Jogja.

Soto sendiri merupakan salah satu makanan khas Indonesia di mana variasinya sangat beragam di hampir semua daerah di mana soto ini ditemukan. Mulai dari soto Sokaraja, soto Betawi, soto Kudus hingga soto Jogja. Walaupun sama-sama mengusung nama soto, namun cara penyajian dan isian di dalamnya berbeda-beda satu sama lain. Inilah yang membedakan antara soto dari satu daerah dengan soto dari daerah lainnya. Resep masakan Jawa tradisional yang akan kita coba di bawah ini adalah soto khas Jogja. Sesuai namanya, soto khas Jogja adalah sajian soto yang berasal dari Kota Jogja dan bisa kita temukan saat tengah menyusuri kota Jogja. Selain bisa menikmatinya di warung-warung dan tempat makan, kita juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Ikuti langkah-langkah di bawah ini agar didapat soto Jogja yang nikmat.

Resep Membuat Masakan Jawa Tradisional Khas Dari Jogja


Advertisement

Resep Membuat Masakan Jawa Tradisional Khas Jogja

Bahan-bahan Pembuatan Soto Jogja

  1. Sediakan ayam kampung segar sebanyak setengah ekor.
  2. Air bersih sebanyak satu setengah liter
  3. Daun salam sebanyak tiga lembar
  4. Tomat merah sebanyak dua buah
  5. Serai sebanyak satu batang
  6. Garam sebanyak satu sendok teh
  7. Minyak secukupnya untuk menumis

Bumbu Halus Yang Dibutuhkan

  1. Bawang merah sebanyak lima butir
  2. Bawang putih sebanyak tiga butir
  3. Kaldu ayam sebanyak dua blok
  4. Kemiri sebanyak dua butir
  5. Merica butir sebanyak satu sendok teh

Bahan Pelengkap Untuk Soto Jogja

  1. Nasi putih hangat secukupnya
  2. Daun kol yang diiris kasar sebanyak seratus gram
  3. Tauge sebanyak lima puluh gram
  4. Tahu dan tempe bacem
  5. Soun sebanyak lima puluh gram yang disiram air panas lalu ditiriskan
  6. Daun seledri sebanyak dua batang yang diiris tipis
  7. Daun bawang sebanyak dua batang yang diiris tipis
  8. Bawang goreng secukupnya

Cara Membuat Soto Khas Jogja

  1. Resep masakan Jawa tradisional ini diawali dengan menyiapkan panci lalu rebus air.
  2. Masukkan daun salam, garam serta serai hingga mendidih.
  3. Masukkan ayam lalu tunggu hingga daging ayam menjadi empuk.
  4. Setelah empuk, angkat ayam dan goreng sampai warnanya berubah kecokelatan.
  5. Suwir-suwir ayam dan sisihkan.
  6. Panaskan minyak lalu tumis semua bumbu halus sampai tercium aroma harum.
  7. Jika semua bumbu sudah tercampur rata, masukkan tumisan bumbu pada kuah kaldu yang digunakan untuk memasak ayam tadi.
  8. Masukkan blok kaldu serta tomat hingga kuah sesuai selera.
  9. Cara menyajikan soto khas Jogja ini adalah sebagai berikut. Letakkan soun, tauge, suwiran ayam serta daun kol di atas mangkuk saji. Siram menggunakan kuah panas.
  10. Beri taburan daun bawang, daun seledri serta bawang goreng.
  11. Apabila berkenan, tambahkan juga perkedel kentang dan tempe atau tahu bacem. Soto khas Jogja telah siap untuk dinikmati.

Baca juga untuk : Resep Masakan Minang Yang Lezat Gulai Ikan

Demikian adalah resep masakan Jawa tradisional soto khas Jogja. Kita bisa mempraktekkan resep di atas di rumah saat makan siang. Rasa segar dari kuah soto bercampur kaldu akan semakin terasa nikmat dengan tambahan aneka bahan pelengkap. Kita juga bisa menyantapnya bersama nasi putih hangat sebagai sumber karbohidrat agar semakin kenyang. Soto terutama sangat cocok untuk disantap saat cuaca dingin atau turun hujan untuk menghangatkan badan karena kuahnya yang segar dan masih panas. Semoga ulasan mengenai resep masakan Jawa tradisional di atas dapat membantu dalam memasak masakan khas dari Indonesia khususnya Jawa.