Resep Masakan Banjar Iwak Karing Batanak Yang Nikmat



Iwak karing batanak merupakan resep masakan Banjar yang gurih dan nikmat serta selalu menjadi salah satu makanan Banjar yang difavoritkan. Resep nya kami bahas di sini. Masakan Banjar memiliki citarasa yang khas karena menggunakan rempah yang diracik secara khas pula. Masakan daerah kalimantan selatan memiliki berbagai menu khas penuh citarasa dan selalu menggoda selera. Seperti makanan Padang yang dicintai semua kalangan, masakan Banjar juga merupakan salah satu masakan favorit yang membuat banyak orang kangen ingin kembali menyantapnya. Terbukti banyak kedai yang menjual makanan khas Banjar di pulau lain seperti pulau Jawa yang digemari dan bahkan sampai memiliki pelanggan tetap. Berbagai resep masakan Banjar menjadi salah satu resep yang banyak dicari karena kekhasan cita rasanya. Berbagai masakan Banjar yang menjadi favorit diantaranya adalah soto Banjar, salah satu jajaran soto yang terkenal di Indonesia. Selain Soto, ada juga Ikan Bakar, Ketupat Kandangan, Ipau, Wadai, dan masih banyak menu lezat lainnya yang akan membuat Anda lapar.

Makanan khas suku Banjar memang menjadi salah satu menu yang khas. Walaupun sama-sama berada di pulau Kalimantan namun citarasa makanan khas Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan ini berbeda. Masakan Banjar memberikan kekhasan tersendiri yang membuat banyak orang menggemarinya. Beberapa olahan makanan Banjar menggunakan santan sebagai penambah citarasa dan membuat masakan terasa creamy dan nikmat. Ada berbagai macam makanan yang dapat Anda masak sendiri di rumah, salah satu resep yang menggugah selera adalah masakan Iwak Karing Batanak. Masakan Banjar ini kerap menjadi makanan yang membuat banyak orang kangen dan ingin menikmatinya lagi. Nah, berikut ini adalah resep masakan Banjar Iwak Karing Batanak spesial untuk Anda.

Informasi Resep Masakan Banjar Iwak Karing Batanak yang Nikmat


Advertisement

Resep Cara Membuat Resep Masakan Banjar Iwak Karing Batanak

Bahan yang dibutuhkan:

  • 150 gram Ikan asin jenis ikan gabus atau ikan haruan, potong-potong, tidak usah digoreng (bisa diganti dengan ikan tenggiri atau telang)
  • 200 mililiter Santan kental perasan pertama
  • 3 butir telur
  • 2 buah Bawang putih, Diiris tipis
  • 5 buah Bawang merah, diiris tipis
  • 2 ruas jari Lengkuas, dimemarkan
  • 1 batang Sereh, dimemarkan
  • 2 buah Cabai merah, diiris serong
  • 2 buah Cabai hijau, diiris serong
  • 4 buah Belimbing wuluh
  • 1 buah tomat
  • 1,2 liter Air asam
  • Garam dan gula secukupnya

Cara memasak:

  1. Memanaskan air hingga mendidih
  2. Setelah air mendidih, masukkan irisan bawang putih, bawang merah, cabai, lengkuas, sereh, dan ikan asin.
  3. Masaklah di dalam air mendidih selama kurang lebih 1 menit.
  4. Masukkan tomat, belimbing wuluh, gula, dan garam. Aduk sampai merata.
  5. Setelah tercampur, masukkan santan kental dan biarkan hingga mendidih kembali sambil sesekali diaduk.
  6. Setelah mendidih, masukan telur satu demi satu dan masak sampai telur matang. Jangan diaduk agar telur tidak pecah.
  7. Hidangkan panas-panas dengan nasi atau ketupat.

Baca juga untuk menu lainnya seperti : Cara Memasak Bubur Sumsum Candil Enak dan Mudah

Anda dapat menjadikan makanan khas Banjar ini sebagai salah satu menu nikmat saat berbuka atau sajian spesial kesukaan keluarga. Rasanya yang gurih dan mantap menjadikan Anda ketagihan. Anda juga dapat menikmati makanan ini dengan minuman khas Banjarmasin yang segar seperti es campur selasih. Selain makanan berat, ada banyak pula jajanan khas Banjar. Banyak kue-kue tradisional yang sangat populer karena rasanya. Kue-kue tradisional yang biasa disebut dengan wadai ini memiliki rasa yang nikmat dan cocok dinikmati sebagai teman minum kopi di sore hari. Masakan khas Banjar dapat menjadi salah satu pilihan menu nikmat untuk keluarga Anda.