Resep Kue Ketawa yang Renyah di Luar dan Lembut di Dalam



Resep Kue Ketawa – Indonesia terkenal sebagai surganya kuliner. Berbagai macam makanan tradisional yang unik dan khas bisa kita temukan di berbagai wilayah di negara ini. Tiap daerah pun memiliki ciri khasnya masing-masing dalam hal makanan daerah yang berbeda satu sama lain. Bahan dasar pembuatan makanan di Indonesia pun beragam, mulai dari makanan yang menggunakan bahan sayur, daging hingga buah. Cara memasaknya juga berbeda-beda, mulai dari digoreng, makanan yang dikukus hingga ditumis dan berkuah. Rasa masakannya terutama sangat bervariasi, seperti makanan pedas, makanan manis dan masakan asin. Untuk rasa masakan ini biasanya dipengaruhi oleh daerah asal makanan tersebut, di mana beberapa daerah terkenal dengan makanan pedas dan daerah lainnya cenderung terkenal dengan makanan berasa manis.

Makanan tradisional Indonesia juga bisa dengan mudah kita temukan di mana saja, mulai dari warung tenda di pinggir jalan sampai dengan restoran mewah. Kita juga bisa memasaknya sendiri di rumah asalkan memiliki semua bahan dan bumbu yang dibutuhkan serta mengerti teknik-teknik pengolahannya. Beberapa masakan memang memerlukan teknik khusus serta peralatan tertentu, namun hal ini tentunya akan berpengaruh juga pada rasa masakan yang semakin mantap. Indonesia juga tak hanya terkenal akan makanan berat namun juga makanan ringan. Makanan ringan ini sering pula disebut dengan nama jajanan pasar, karena memang sering ditemukan di berbagai pasar tradisional.

Jajanan pasar yang bisa kita temukan di pasar tradisional pun sangat beraneka ragam. Umumnya jajanan pasar ini memiliki rasa yang manis hingga asin serta dijual pada pagi hari sebagai camilan setelah sarapan. Sebut saja mulai dari gethuk, lopis, onde-onde dan lain sebagainya. Salah satu variasi jajanan pasar yang pasti sudah pernah kita dengar adalah kue ketawa atau onde-onde ketawa. Disebut demikian karena berbeda dengan onde-onde kebanyakan yang bentuknya bulat, onde-onde ketawa ini menyerupai mulut seseorang yang sedang tertawa apabila dilihat dari samping. Resep kue ketawa juga bisa dengan mudah kita temukan dan praktekkan apabila tidak bisa membelinya di pasar tradisional. Kue goreng ini juga pecah merekah dan memiliki tekstur kering serta renyah namun tetap empuk, berbeda dengan onde-onde umumnya yang lembut dan tidak pecah merekah.

Kue ketawa menjadi begitu renyah berkat perpaduan antara bahan-bahan dasarnya yang meliputi tepung terigu, wijen, serta gula pasir. Tekstur yang renyah ini membuatnya disukai sebagai camilan di pagi hari sebagai teman minum teh atau kopi. Kita bisa membuatnya sendiri di rumah berdasarkan resep kue ketawa di bawah ini. Yang terpenting adalah perhatikan takaran bahan-bahannya serta pastikan kita menggunakan bahan-bahan yang berkualitas. Pastikan juga lama memasak sesuai dengan waktu yang tertulis sehingga tidak terlalu matang serta tidak mentah juga. Kue ketawa yang tampak berbentuk seperti pacman ini juga cocok sebagai makanan ringan untuk anak. Langsung saja simak resepnya di bawah ini.


Advertisement

Informasi Resep Kue Ketawa yang Renyah di Luar dan Lembut di Dalam

Bahan dan Cara Pengolahan untuk Resep Kue Ketawa

Bahan-bahan Pembuatan Kue Ketawa Renyah

  • Siapkan tepung terigu dengan protein sedang sebanyak tiga ratus lima puluh gram
  • Baking powder sebanyak satu sendok teh
  • Mentega sebanyak dua puluh lima gram
  • Gula halus sebanyak seratus tujuh puluh lima gram
  • Telur sebanyak satu butir
  • Air sebanyak dua sendok makan atau secukupnya saja
  • Wijen sebanyak tujuh puluh lima gram
  • Minyak goreng sebanyak satu liter
  • Garam secukupnya saja

Cara Membuat Kue Ketawa Renyah dan Nikmat

  1. Pertama campurkan terigu dengan baking powder, ayak lalu sisihkan
  2. Campurkan gula halus serta mentega, kocok sampai berwarna putih
  3. Masukkan air, telur ayam, garam dan campuran terigu. Aduk sampai rata.
  4. Bentuk adonan menjadi bulat kira-kira sebesar bola bekel.
  5. Celupkan adonan ke dalam air, gulingkan di atas wijen sampai merata.
  6. Panaskan minyak lalu goreng adonan sampai warnanya kuning kecokelatan.
  7. Angkat lalu tiriskan. Resep kue ketawa telah selesai dibuat dan kue ketawa siap untuk disajikan.

Baca juga : Resep Masakan Praktis dan Cepat Berbahan Dasar Telur Ayam

Dalam memasak kue ketawa, ada beberapa tips yang bisa kita terapkan. Pertama, agar kue ini bisa merekah dengan baik atau tertawa lebar, keratlah salah satu bagian dari kue terlebih dahulu dengan menggunakan pisau sebelum digoreng. Selain itu, gunakan juga api sedang pada saat menggoreng. Jangan lupa untuk menggunakan banyak minyak ketika menggoreng. Tujuannya adalah agar adonan benar-benar matang sampai ke bagian dalamnya dan bukan hanya matang di luar saja. Demikian resep kue ketawa yang mudah dan praktis serta bisa dipraktekkan sehari-hari. Jangan lupa juga untuk menggunakan bahan-bahan berkualitas yang masih segar sehingga rasa masakannya dapat semakin maksimal. Kue ketawa bisa kita sajikan pada pagi ataupun sore hari sebagai camilan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.