Resep Kue Cincin Khas Tanah Pasundan Bandung



Resep Kue Cincin Khas Tanah Pasundan Bandung – Mungkin nama kue cincin masih terdengar asing di telinga Anda, memang kue yang berasal dari Jawa Barat ini tidak begitu populer sekarang. Anda bisa buktikan kepada kerabat Anda yang orang Sunda, mungkin mereka tidak tahu kue cincin adalah kue yang seperti apa, bahkan juga tidak tahu resep kue cincin. Kue cincin adalah makanantradisonal khas Sunda yang bentuknya seperti donat, yaitu memiliki bolongan kecil di tengahnya. Rasa dari kue cincin ini manis walaupun tidak ada topping. Kue cincin yang disebut dengan ali agrem ini konon katanya adalah nenek moyang dari donat. Kue cincin disebut dengan donat khas Nusantara. Ali dalam bahasa Sunda adalah cincin, sesuai dengan bentuk dari kue cincin. Kue ini biasanya hadir dalam acara pernikahan sebagai simbol dari keabadian karena bentuk kuenya seperti cincin. Kue cincin juga mempunyai harapan akan pernikahan yang berlangsung sampai langgeng atau abadi.

Namun sayang sekali bahwa kue cincin sudah mula sulit ditemukan di daerah Kota Bandung. Pamor kue cincin sudah kalah dengan makanan-makanan lain yang lebih modern dan lebih unik. Kue cincin hanya bisa ditemukan di daerah Lembang dan Ujung Berung. Di daerah Kota Bandung adalah tempat yang paling sulit untuk menemukan penjual kue cincin. Namun karena di Kota Bandung sudah ada festival kuliner yang biasa diselenggarakan setiap dua kali dalam seminggu, maka Anda bisa mencicipi kue cincin dan bisa mencoba resep kue cincin di rumah. Tentunya festival kuliner ini merupakan kesempatan yang bagus bagi pedagang kue cincin untuk menjual dan memperkenalkan kembali warisan kuliner khas Sunda.

Resep kue cincin ini sangan mudah dan bahannya murah serta mudah didapat. Bagi Anda yang baru belajar masak, kue cincin ini sangat patut untuk dicoba dibuat di dapur Anda. Proses membuatnya pun hanya sebentar, tidak sampai berjam-jam. Bahan utama dari kue cincin adalah tepung beras yang kemudian dicampur dengan gula merah dan sedikit gula putih. Ketiga adonan tersebut diaduk dengan air. Lalu adonan digoreng sampai berwarna cokelat keemasan. Jadilah kue cincin yang masih panas dan siap dinikmati. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut iniakan kami bagikan bagaimana cara membuat kue cincin yang mudah.

Informasi Resep Kue Cincin Khas Tanah Pasundan Bandung


Advertisement

Resep Cara Membuat Kue Cincin

Bahan untuk membuat kue cincin murah dan dapat ditemukan di sekitar Anda. Bahan-bahannya adalah sebagai berikut

Bahan-Bahan Membuat Kue Cincin

  1. Daging kelapa 1 buah yang sudah diparut sampai halus.
  2. 100 gram tepung beras
  3. 350 gram tepung ketan
  4. 150 gram gula merah yang sudah disisir halus.
  5. 65 gram gula pasir.
  6. Setengah sendok teh garam dapur.
  7. 1 kg minyak goreng.
  8. 400 mililiter air bersih.

Cara membuat kue cincin yang mudah dan enak

  1. Pertama, campurkan dan larutkan gula merah dan gula pasir bersama dengan air dan disisihkan sjenak.
  2. Kedua, masukan bahan-bahan yang lain seperti kelapa parut, tepung ketan, tepung beras, dan garam dalam satu wadah dan diaduk sampai rata.
  3. Ketiga, tuangkan larutan gula yang sudah Anda buat sebelumnya ke campuran tepung secara perlahan sambil diaduk sampai rata.
  4. Lalu uleni dengan tangan hingga terasa kalis. Anda bisa membaluri tangan Anda dengan tepung agar tidak lengket.
  5. Selanjutnya, Anda ambil adonan kue secukupnya dan bentuk adonan menjadi bulat namun agak pipih dan lubangi bagain tengahnya.
  6. Ulangi langkah kelima sampai adonan kue cincin habis
  7. Terakhir, goreng adonan dalam wajan yang sudah berisi minyak panas, goreng hingga matang sambil dibolak-balik. Angkat dan tiriskan.

Kue cincin adalah teman yang pas untuk menikmati udara Kota Bandung yang dingin. Anda bisa menikmati kue cincin dengan secangkir teh panas di sore hari. Kue cincin rasanya manis karena menggunakan gula merah sebagai bahan utama. Tekstur kue cincin lembut sehingga cocok untuk cemilan yang bisa Anda nikmati kapapun. Kue cincin juga cocok sebagai cemilan yang bisa Anda sajikan untuk tamu Anda yang sedang bersilahturahmi ke rumah Anda. Anda bisa membeli kue cincin jika ada penjual kue cincin di daerah Anda. Namun Anda bisa meluangkan waktu Anda saat weekend untuk mencoba resep kue cincin.

Baca juga untuk : Memasak Resep Kue Bikang Mawar Empuk dan Mekar dengan Cara Dikukus

Kue cincin memang berasal dari Jawa Barat, namun warga Betawi juga mengkonsumsi kue cincin untuk minum teh. Minum teh ala Betawi ini disebut dengan ‘Ngehe’ atau ‘Nyahi’. Orang Betawi akan minum teh ditemani dengan gula kelapa sebagai pemanis. Gula kelapa tersebutakan digigit terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan minum teh hangat. Namun sekarang mereka menggunakan kue cincin sebagai pemanis. Demikian resep, cara dan informasi lengkap mengenai cerita di balik kue cincin khas tanah Pasundan ini.