Resep Kue Bolu Karamel Sarang Semut



Resep Kue Bolu Karamel – Kue bolu merupakan salah satu jenis kue yang banyak disukai orang-orang. Bolu memiliki tekstur yang lembut serta rasa yang manis. Kue ini juga sangat populer dan bisa dengan mudah kita temukan di tempat pujasera dan pedagang pinggir jalan di kota-kota besar Indonesia. Kue bolu biasanya diiris menjadi potongan-potongan persegi kecil sebelum dimakan. Bolu biasa dikonsumsi sebagai camilan di sela-sela waktu makan dengan ditemani secangkir teh hangat. Bolu terutama mudah ditemukan karena proses pembuatannya mudah serta relatif bisa dimasak oleh siapa saja. Bahan-bahannya bisa didapatkan di toko bahan kue dan peralatan memasak juga relatif sederhana.

Variasi kue bolu sangat beragam. Mulai dari kue bolu yang biasa sampai dengan yang diberi tambahan selai dan rasa tertentu, seperti rasa cokelat atau rasa pandan. Salah satu variasi kue bolu adalah bolu karamel sarang semut. Dinamai demikian karena kue bolu ini memakai tambahan bahan gula karamel serta memiliki bentuk seperti sarang semut dengan lubang-lubang kecil pada permukaannya. Resep kue bolu karamel sarang semut juga cukup banyak dicari karena banyak orang menyukai rasanya yang manis legit. Kita bisa membuatnya sebagai teman minum teh di siang atau sore hari.

Karamel sendiri merupakan jenis gula yang berupa cairan dengan tekstur lengket serta memiliki warna kecokelatan. Karamel didapat dari proses karamelisasi. Karamel biasa digunakan sebagai bahan dalam adonan permen, isian coklat, perasa puding, topping untuk es krim dan lain-lain. Karamel terbentuk dengan memanaskan gula menggunakan suhu seratus tujuh puluh derajat celcius.

Gula yang berada dalam suhu tertingginya dan meleleh maka molekul yang ada di dalamnya akan memecah lalu membentuk cairan lengket karamel dengan warna kecokelatan. Pewarna karamel sendiri berupa cairan gelap yang tidak mengandung gula. Hasil dari pemakaian pewarna karamel ini nantinya akan mendekati proses dari karamelisasi total. Pewarna ini umum digunakan dalam industri makanan serta minuman. Berikut adalah resep kue bolu karamel sarang semut lengkap dengan bahan-bahan yang dibutuhkan, takaran dan langkah-langkah pembuatan.

Resep Untuk Kue Bolu Karamel Sarang Semut

Bahan dan Resep Kue Bolu Karamel

Bahan-bahan Pembuatan Kue Bolu Karamel Sarang Semut


Advertisement

  • Tepung terigu sebanyak seratus delapan puluh gram yang telah diayak terlebih dahulu
  • Tepung maizena sebanyak lima puluh gram
  • Gula pasir sebanyak empat ratus dua puluh lima gram
  • Margarin sebanyak seratus lima puluh gram
  • Soda kue sebanyak dua sendok teh
  • Susu kental manis sebanyak dua ratus mililiter
  • Telur ayam sebanyak delapan butir
  • Air panas sebanyak empat ratus lima puluh mililiter

Cara Membuat Kue Bolu Karamel Sarang Semut

  1. Resep kue bolu karamel sarang semut diawali dengan memasukkan gula pasir ke atas wajan. Masak menggunakan api kecil sampai warnanya berubah menjadi kecokelatan. Tuang air panas ke dalam dan biarkan sampai mendidih serta larut. Angkat lalu diamkan sejenak.
  2. Kocok margarn dan susu kental manis full cream hingga putih menggunakan mixer. Masukkan satu per satu telur lalu kocok hingga mengembang.
  3. Masukkan terigu serta soda kue. Tambahkan sedikit demi sedikit tepung maizena sembari terus diaduk rata.
  4. Sedikit demi sedikit, tambahkan karamel ke adonan. Aduk sampai adonan berubah warna.
  5. Ambil loyang tulban, yaitu loyang yang memiliki cincin atau lubang pada bagian tengahnya sehingga adonan akan berbentuk bundar dan memutar seperti cincin. Olesi dengan margarin lalu taburi sedikit tepung.
  6. Tuangkan adonan ke dalam loyang tersebut. Masukkan dalam oven. Panggang menggunakan suhu seratus delapan puluh derajat celcius dalam waktu empat puluh menit.
  7. Jika sudah matang, angkat dan biarkan dingin sejenak. Potong-potong lalu sajikan kue bolu karamel sarang semut ini.

Agar resep kue bolu karamel sarang semut berhasil dengan sempurna, salah satu kuncinya adalah dengan menggunakan karamel yang halus serta tidak gosong. Memasak karamel memang harus hati-hati supaya hasilnya bisa maksimal serta rasanya tidak berubah. Beberapa tips yang bisa kita gunakan antara lain adalah dengan menggunakan gula putih bersih. Campuran lain di samping gula bisa jadi akan membuatnya gosong sebelum meleleh. Hal ini bisa membuat karamel memiliki rasa pahit serta teksturnya menjadi tidak halus. Selain itu, jangan mengaduk karamel walaupun telah meleleh. Karamel dapat mengkristal apabila kita mengaduknya.

Baca juga untuk : Resep Kue Bawang Kentang, Camilan Gurih Rumahan

Cukup goyangkan panci agar kita tidak perlu mengaduk. Selain itu, jangan merasa ragu untuk mengangkat karamel dari kompor. Ini karena pada saat karamel mencair, suhunya akan menjadi begitu tinggi sehingga pasti akan cepat gosong. Ketika gula telah mencair seluruhnya, segera angkat karamel dari api. Setelah diaduk, jangan lupa masukkan air panas atau mentega lalu goyangkan kembali panci agar semua bahan tercampur rata. Pastikan mentega atau air bebas dari kotoran.