Resep Kue Bingka Kentang Khas Suku Banjar



Kue Bingka adalah makanan khas Suku Banjar. Inovasi dari kue ini melahirkan resep kue bingka kentang. Bahannya terdiri dari terigu, kentang, telur dll. Sebelum kita bahas mengenai resep kue bingka kentang, kita harus tahu dulu apa itu kue bingka. Kue bingka adalah makanan khas salah satu suku asli Kalimtantan Selatan, yaitu Suku Banjar. Tekstur dari kue yang satu ini cenderung empuk sehingga mudah dikunyah. Jadi anda tidak akan menemukan sensasi renyah ketika memakan kue ini. terdapat berbagai macam varian rasa, tergantung campuran dari bahan pembuatnya. Kue ini umumnya disajikan di acara-acara tertentu seperti hari raya dan perayaan lainnya.

Tidak sulit menemukan kue Bingka terutama di bulan Ramadhan seperti sekarang. Rasanya yang manis sangat cocok dijadikan makanan saat berbuka puasa. Bingka pun cocok dipadukan dengan minuman manis seperti teh, sirup dan lain-lain. Bahan pembuat kue bingka ini pun tidak sulit didapatkan, sehingga sangat mudah untuk dibuat. Rasa dari kue ini pun variatif, mulai dari kentang, tape, durian dan banyak lagi.

Namun belakangan ini popularitas resep kue bingka kentang sedang menanjak. Inovasi dari kue bingka tradisional ini cukup banyak diminati masyarakat luas, sehingga banyak dicari. Maka dalam artikel ini akan dijelaskan lebih jauh tentang resep dan langkah-langkah pembuatan kue bingka kentang seperti di bawah ini.

Bahan Untuk Resep Kue Bingka Kentang Khas Suku Banjar

Resep Kue Bingka Kentang asli Suku Banjar

Tidak sulit membuat kue manis satu ini, bahan-bahannya antara lain:


Advertisement

  • 1 buah kentang ukuran sedang atau besar
  • 4 butir telur ayam kampung atau boleh juga ayam negeri
  • 1 takar gula pasir (takaran boleh sesuai selera)
  • 3 sendok makan tepung terigu tinggi protein
  • 1 sendok teh perisa vanila (boleh diganti dengan perisa lainnya sesuai selera)
  • 1/2 sendok teh garam

Setelah bahan-bahan didapatkan, maka ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Rebuslah santan sambil dibubuhi garam, perisa vanili (atau rasa lainnya) serta daun pandan
  2. Tunggu hingga santan mendidih
  3. Sambil menunggu santan mendidih, cuci kentang di bawah air mengalir
  4. Rebus kentang lalu kemudian hancurkan hingga halus
  5. Setelah santan mendidih, sishkan santan dan simpan dalam wadah
  6. Siapkan teflon atau penggorengan kemudian lelehkan margarine lalu sisihkan dalam wadah
  7. Kocok telur, kemudian tambahkan gula lalu aduk hingga gula larut
  8. Kemudian campurkan dengan santan, margarine cair, tepung terigu tinggi protein dan jangan ketinggalan juga kentangnya.
  9. Aduk-aduk hingga rata, cicipi sedikit untuk memastikan rasa dari resep kue bingka kentang enak atau belum
  10. Apabila rasa sudah pas, siapkan loyang
  11. Lapisi loyang dengan plastik yang tahan panas agar nanti bingka dapat dengan mudah dikeluarkan dari loyang setelah matang
  12. Kukus adonan kue bingka pandan tadi selama kurang lebih empat puluh sampai enam puluh menit
  13. Anda bisa menggunakan metode tusuk, bisa menggunakan tusuk gigi maupun tusuk sate. Apabila adonan tidak menempel pada tusukan artinya adonan sudah matang
  14. Keluarkan adonan dari kukusan kemudian tunggu hingga suhu turun. Setelah dingin adonan bisa diangkat dari plastik pelapis.
  15. Bingka kentang siap dinikmati

Baca juga untuk resep yang lainnya mengenai : Resep Masakan Cepat Saji, Nugget Tempe Yummy

Resep kue bingka kentang sederhana di atas dapat anda praktekkan kapan saja. Kunci dalam membuat masakan baik itu kue maupun makanan lainnya adalah keuletan dan ketekunan. Itu sebabnya tidak semua orang bisa menjadi pembuat kue yang baik. Semua orang pasti dapat mengikuti langkah-langkah barusan asalkan memiliki keinginan kuat dan ketelatenan untuk belajar. Semoga artikel barusan dapat menjadi salah satu sumber informasi bagi anda untuk membuat kue. Serta dapat dijadikan salah satu referensi dalam membuat inovasi kue khas nusantara.