Resep Kue 8 Jam Khas Palembang Yang Manis Nan Legit



Resep Kue 8 Jam – Indonesia terkenal akan kekayaan kulinernya yang luar biasa. Tiap daerah bahkan memiliki ciri khas kuliner masing-masing yang berbeda satu sama lain. Salah satu daerah di Indonesia dengan wisata kuliner yang terkenal adalah Kota Palembang. Kita pasti sudah familiar dengan nama makanan empek-empek ata pempek Palembang. Makanan yang biasa disantap dengan cuka ini memiliki ragam pilihan yang sangat bervariasi, mulai dari pempek kapal selam, pempek panjang, pempek bulat dan lain sebagainya. Namun di samping pempek, ternyata Palembang masih memiliki jenis makanan khas lainnya. Salah satu di antaranya adalah kue delapan jam. Kue ini asli berasal dari Palembang dan hingga kini masih dilestarikan oleh masyarakat di sana. Namun ternyata kue ini tidak begitu mudah untuk ditemukan sehari-hari, terutama karena waktu pembuatannya yang cukup lama yakni delapan jam sesuai namanya.

Lamanya proses pembuatan terutama karena kue ini membutuhkan teknik pengukusan yang memang harus selama beberapa jam. Kita bisa menemukan resep kue 8 jam dan membuatnya sendiri jika memang menginginkannya. Dibutuhkan kesabaran dalam memasak karena lamanya waktu yang dibutuhkan sebelum kita bisa mulai menikmatinya. Kue tradisional ini sendiri pada awalnya hanya disajikan untuk para bangsawan saja pada zaman dahulu. Kalangan masyarakat biasa tidak bisa menikmatinya dengan leluasa. Namun pada saat ini, tentu semua golongan masyarakat baik yang terpandang maupun tidak sama-sama boleh menikmati kue delapan jam ini. Kita bisa membelinya ataupun membuatnya sendiri dan menikmati lezatnya kue walaupun tidak berasal dari kalangan bangsawan kelas atas. Delapan jam tentu bukan waktu yang sedikit untuk membuat hidangan kue. Menikmati kue ini bisa dilakukan pada saat hari-hari besar keagamaan atau pada saat dilaksanakan acara adat.

Jika tidak sempat pergi ke Palembang untuk menikmati salah satu kuliner tradisional di sana ini, saatnya membuat kue delapan jam sendiri di rumah dengan citarasa yang tidak kalah dari kue aslinya. Yang paling utama untuk diperlukan adalah kesabaran karena waktu memasak cukup lama. Selain itu, perhatikan pula cek volume dari air yang digunakan untuk mengukus. Tambahkan segera air mendidih apabila air dalam kukusan sudah habis. Apabila kue telah berhasil dibuat, waktu yang terbilang sangat lama dalam proses pembuatannya ini akan terbayar dengan rasa kue yang nikmat. Bahan-bahan dalam resep kue 8 jam ini juga termasuk sederhana serta mudah didapatkan di sekitar kita. Yang perlu kita pastikan adalah bahan-bahan pembuatan kue harus dipilih yang masih dalam keadaan baik agar kualitas dan kandungan gizi di dalamnya senantiasa terjaga. Berikut adalah cara membuat kue delapan jam khas Palembang yang nikmat.


Advertisement

Bahan Dari Resep Kue 8 Jam Khas Palembang Yang Manis Nan Legit

Resep Cara Membuat Kue Delapan Jam Dari Palembang

Bahan-bahan Pembuatan Kue Delapan Jam Khas Palembang

  • Sediakan sepuluh butir telur bebek kemudian kocok lepas. Dalam memilih telur, gunakan telur yang tidak retak dan cangkagnya bersih. Apabila telur dalam keadaan kotor, cuci terlebih dahulu di bawah air yang mengalir.
  • Gula pasir sebanyak seratus lima puluh gram
  • Susu kental manis sebanyak empat ratus mililiter
  • Esens vanili sebanyak satu sendok teh
  • Mentega sebanyak empat sendok makan

Cara Membuat Kue 8 Jam Khas Palembang

  1. Pertama, siapkan wadah dan campurkan semua bahan mulai dari telur bebek yang telah dikocok lepas, susu kental, gula pasir, vanili serta mentega ke dalamnya. Aduk sampai merata.
  2. Olesi loyang menggunakan mentega lalu taburi menggunakan tepung.
  3. Tuangkan adonan ke dalam loyang tersebut dan tutup menggunakan kertas aluminium foil. Tujuannya agar air tidak dapat menetes ke atas adonan kue.
  4. Kukus adonan selama delapan jam.
  5. Setelah selesai dikukus, masukkan kue ke dalam oven. Atur temperaturnya agar menjadi seratus dua puluh derajat Celcius.
  6. Setelah selesai dimasukkan dalam oven, bakar kue di atas api selama kurang lebih lima belas menit.
  7. Resep kue 8 jam telah selesai dan kue siap untuk dinikmati.

Baca juga : Resep Kue Kacang Coklat Kering Nikmat Untuk Sajian Lebaran

Dalam memasak kue 8 jam ini ada beberapa tips yang penting untuk diperhatikan. Pertama, apabila waktu pengukusan ternyata kurang dari delapan jam maka tekstur kue akan mudah hancur. Selain itu, kue tidak akan kenyal serta lembut. Itulah mengapa kita benar-benar harus bersabar dan menungg selama delapan jam waktu pengukusan. Selan itu, jangan pernah lupa untuk senantiasa menambah air mendidih ke dalam kukusan terutama jika air telah berkurang banyak. Agar kue semakin tahan lama, kita bisa membakar kembali kue dalam waktu sepuluh menit. Dengan menerapkan semua tips di atas, dijamin kue 8 jam yang kita buat akan semakin nikmat dan terasa seperti buatan orang Palembang asli. Demikian resep kue 8 jam khas Palembang yang bisa kita praktekkan sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil.