Resep Ketan Mangga Khas Thailand untuk Kudapan yang Menyegarkan



Pernahkah Anda mengkonsumsi mangga Bangkok? Buah yang terkenal dengan kelezatan serta rasa manis yang tidak mudah hilang saat dimakan itu merupakan buah Khas dari Thailand. Buah dari Bangkok, Thailand itu sering dikonsumsi langsung atau diminum dalam bentuk jus. Namun ternyata, buah tersebut dapat dijadikan olahan yang lebih lezat. Anda harus mencoba resep baru yaitu resep ketan mangga khas Thailand. Sehingga, pengalaman memakan buah Anda tidak berhenti dengan cara-cara seperti itu saja. Bukan sekadar sebagai campuran rujak, buah mangga dapat Anda padukan dengan kegurihan ketan yang dibumbui. Cara pembuatan menu yang satu ini cukuplah mudah, sehingga Anda tidak perlu jauh-jauh terbang ke Thailand untuk membeli sebungkus ketan mangga.

Ketan mangga adalah hidangan penutup yang sering disajikan di resto ataupun rumah makan di Thailand. Kudapan ini dibuat dari perpaduan beras ketan yang dibumbui, kelegitan mangga, dan gurihnya santan. Tak lupa untuk melengkapi kenikmatannya, makanan yang satu ini wajib disantap bersama saus santan. Sebagaimana resep makanan khas Thailand yang lainnya, resep ketan mangga khas Thailand yang satu ini tetap mendapatkan sentuhan dari kentalnya santan. Namun, saus santan yang disuguhkan bersamaan dengan camilan ini memiliki rasa yang manis dan beraroma daun pandan. Untuk menyempurnakan rasa, beras ketan yang dipilih perlu direndam lama agar ketika dimasak menjadi empuk atau pulen. Bukan hanya beras ketan, kelapa yang digunakan untuk pembuatan saus santan ini adalah kelapa yang benar-benar tua, sehingga rasa gurih yang dihasilkan tidak setengah-setengah. Yang menjadi andalan di menu ini adalah kematangan dari mangga. Mangga yang dipilih adalah mangga yang benar-benar masak, sehingga akan Anda temukan rasa kudapan yang sempurna antara manisnya mangga, gurihnya santan kelapa, dan empuknya ketan.

gambar ketan mangga

Resep Ketan Mangga Khas Thailand

Agar terlihat kekinian, Anda dapat membuat menu ini di rumah. Secara bahan-bahan untuk membuat ketan mangga khas Thailand ini mudah untuk ditemui, khususnya di Indonesia. Harga dari ketan mangga ini dibandrol hingga Rp 45.000,- dan akan lebih hemat jika Anda membuatnya sendiri. Selain membuat dessert ini untuk dikonsumsi, Anda juga dapat membuatnya menjadi bisnis kuliner. Jika lidah orang Indonesia dapat menerima rasa dari ketan durian, tidak ada salahnya Anda mempromosikan ketan mangga kepada pecinta kuliner. Atau Anda dapat membuatnya untuk dikonsumsi sendiri dan untuk dijual, pilihan itu akan lebih menguntungkan. Bagi Anda yang ingin membuatnya, berikut adalah resep ketan mangga khas Thailand sekaligus langkah-langkah pembuatanya.


Advertisement

Bahan-bahan Utama Pembuatan Ketan Mangga

  1. Siapkan dua buah mangga bangkok yang sudah masak dari pohon dengan ukuran besar (Jika Anda tidak dapat menemukan mangga bangkok, gunakan mangga yang memiliki daging tebal dan memiliki rasa manis)
  2. Dua gelas beras ketan dengan kualitas terbaik
  3. Empat cup santan dari kelapa yang benar-benar tua
  4. Satu lembar daun pandan
  5. Garam sesuai selera
  6. Wijen secukupnya

Bahan untuk Saus

  1. Siapkan satu gelas santan
  2. Satu sendok teh tepung maizena
  3. Enam sendok makan gula pasir
  4. Lima sendok air

Cara Pembuatan Ketan Mangga Khas Thailand

  1. Step pertama yang perlu Anda lakukan untuk menggarap resep ketan mangga khas Thailand ini adalah dengan mencuci beras ketan hingga bersih. Lalu, rendam dengan air secukupnya selama kurang lebih dua jam. Kemudian angkat dengan saringan beras.
  2. Masak beras ketan bersama santan dan garam dengan api kecil seperti Anda memasak nasi. Anda juga dapat memasaknya dengan rice cooker.
  3. Sambil menunggu ketan matang. Siapkan bahan saus santan. Larutkan tepung maizena dengan air dan sisihkan terlebih dahulu.
  4. Panaskan gula, garam, dan santan dalam panci dan masak hingga mendidih serta tambahkan daun pandan yang telah diikat kecil.
  5. Setelah bahan saus mendidih, masukan larutan tepung maizena dan jangan lupa untuk terus mengaduknya. Setelah campuran tersebut mengental, matikan api.
  6. Angkat ketan yang juga sudah matang.
  7. Kupas dan potong-potong mangga dengan ukuran balok kecil.
  8. Tata mangga dan ketan dalam satu piring saji.
  9. Taburkan wijen di atas ketan. Usahakan taburan tersebut rapi bukan malah mengotori ketan.
  10. Sajikan ketan dengan saus santan.
  11. Anda dapat menyajikannya dengan langsung menyiramkan saus santan di atas ketan atau dengan meletakan saus santan pada mangkok tersendiri.

Baca Juga: Resep Ketan Mangga Khas Thailand untuk Kudapan yang Menyegarkan

Ulasan di atas adalah resep ketan mangga khas Thailand yang mudah untuk Anda buat sendiri di rumah. Menu ini cocok dihidangkan saat berkumpul bersama keluarga. Hasil masakan berdasarkan takaran resep di atas cukup untuk dibagi seluruh anggota keluarga atau 5 sampai 6 porsi. Menu ini juga cocok dihidangkan sebagai kudapan acara-acara seperti arisan.




, Resep Buah Buahan
Resep Terbaru October 26, 2017 5

Mengenai Penulis : Kontributor Dari ResepOnline.Info - Mahasiswi Fakultas Bahasa dan Seni, Jurusan Satra Indonesia Universitas Negeri Semarang